PENGALAMAN IKUT CPNS - 5 : PERSIAPAN AKHIR

 Assalamu'alaikum, annyeonghaseyo!

Sesuai janji, aku mau kasih bonus part, nih. Bonus ini isinya tentang apa yang aku alami setelah pengumuman akhir CPNS kemarin. Haduh, janjinya kapan, uploadnya kapan......

Btw, isi cerita yang ini lebih ke pemberkasan akhirnya, yang nggak kalah penting di dunia per-CPNS-an, sampe aku dapat pemanggilan untuk penyerahan SK. Selamat membaca!

Sebelum pemberkasan akhir dimulai, ada lagi yang namanya masa sanggah buat pelamar yang nggak lolos CPNS. Pihak BKN sendiri ngomong kalo masa sanggah ini mulai dari tanggal 1 sampe tanggal 3 November 2020 dan bakal diumumin tanggal 5-nya. Hal-hal yang bisa disanggah adalah Sertifikat Pendidik, nilai SKB CAT dan nilai SKB Non-CAT (contoh : wawancara). Kalau kalian merasa ada kesalahan pada tiga hal tersebut dan itu menyebabkan posisi atau peringkat kalian berubah, atau kalian yang sebenernya lolos jadi nggak lolos, maka kalian bisa sanggah hal itu. Tapi, kalian harus ngasih bukti yang bener-bener otentik, ya!


Rekap data status sanggah dan pengisian daftar riwayat hidup per 9 November 2020 (sumber : Twitter BKN)

Sebenernya, kalau lihat data di atas, dari semua sanggahan yang masuk hampir semuanya ditolak, persentasenya 95,74%. Yang disetujui cuman 0,86%. Sisanya? Masih pending, artinya masih nggak tahu apa sanggahannya ditolak atau enggak. Masih diproses.

Jadi, kesimpulannya apa?

Kesimpulannya, kalau menurut aku sendiri, bisa dibilang kasus ketidaksesuaian tiga komponen sanggah tadi tuh sangat jarang terjadi. Kebetulan, kali ini 0,86% sanggahan tersebut memang benar adanya, memang bener ada ketidaksesuaian penilaian di komponen-komponen itu, dan itu murni kesalahan instansi. Terus, yang 95,74%? Pihak instansi menolak karena ya hasil akhir di tanggal 30 kemarin ya memang bener adanya, nggak ada kesalahan sama sekali. Paham nggak kalian? hehehehe.

Nah, setelah masa sanggah selesai, peserta yang udah fix lolos, termasuk yang sanggahannya diterima, bisa melakukan pengisian daftar riwayat hidup (DRH) dari tanggal 6 sampai 15 November. Kalau kalian memutuskan untuk mengundurkan diri, kalian bisa ngajuin juga pada tanggal tersebut. Kalo lewat tanggal itu, kalian nggak akan dapat NIP karena nggak ngisi DRH, ataupun udah nggak bisa ajuin pengunduran diri lagi.

Apa aja yang harus disiapin untuk pemberkasan ini?

Banyak. Banyak banget. Aku tulis di sini, kok. Untuk ngurusnya, yang butuh waktu lama aku duluin. Kalo yang ngurusnya bentar atau bisa di rumah, itu belakangan.

1. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Mengenai SKCK ini, biasanya di beberapa instansi, khususnya Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten) bakal memberikan keterangan detail tentang SKCK ini, mulai dari keperluannya apa sampai tanggal SKCK-nya. Jadi, kalian yang kebetulan ngelamar di Pemerintah Daerah, entah ngelamar jadi guru, ngelamar di RSUD atau Puskesmas, atau di kantor lainnya, perhatikan baik-baik keterangan untuk SKCK kalian, ya!

Kalau instansi pusat sih biasanya nggak ada keterangan yang terlalu spesifik, intinya cuman SKCK yang berlaku gitu aja.

Cara ngurus SKCK gimana?

Ngurusnya simpel banget, kok. Kalian cukup sediain fotokopi akta kelahiran, KK, KTP, formulir pendaftaran, sama pasfoto 4x6 latar merah. Untuk formulir pendaftaran, kalian bisa isi langsung di tempat atau bisa ngisi formulir online. Untuk tahun 2020 ini, biayanya 30 ribu per lembarnya, harganya bisa beda lagi tergantung kebijakan terbaru.

2. Surat Keterangan Sehat Jasmani, Sehat Rohani, dan Bebas Napza

Untuk ketiga surat ini, untuk beberapa instansi memang menyederhanakannya. Tapi, kalo buat Pemda, beuh ribet tenan. Pake ada acara medical check up pula. Tapi, untuk kalian yang ngelamar di instansi pusat, nggak seribet itu kok. Lebih sederhana lagi. Intinya ada ketiga surat itu udah cukup, pokoknya dari RS pemerintah atau dokter PNS. Dah itu aja.

Tapi, berhubung RSUD di tempatku harus pake medical check up buat dapetin tuh surat, ya terpaksa deh aku harus menjalani prosedur itu (padahal aku nggak butuh). Abis sejutaan sendiri buat surat sehat jasmani sama napza doang. Jelas lah, orang jasmaninya diperiksa semua, mulai dari THT, mata, sampe rontgen juga. Nggak heran kalo harganya selangit.

Bagian ngeselinnya, kan aku tes jasmani hari Senin, tuh. Awalnya, aku dibilangin kalo mau tes rohani besok bisa tanya-tanya dulu ke dokternya. Tesnya baru mulai hari Kamis. Ternyata, pas besoknya pihak RSUD bilang kalo dokternya nggak mau ngelayanin tes rohani lagi. Yang awalnya udah lega, alhasil bingung lagi dah. Akhirnya aku nyari-nyari lagi, dan Alhamdulillah aku akhirnya bisa dapat surat sehat rohani di RST.

Dari sekian macem surat yang dibutuhin buat pemberkasan, surat ini yang jauh lebih ribet dan lebih lama. Alasannya : banyak RS yang kuotanya udah full karena membludaknya antrian. Jadi, saran aku, kalian segera booking untuk tes sehat ini sesegera mungkin biar nggak terlalu antri.

3. Daftar Riwayat Hidup a.k.a. DRH

Nah, ini nih yang paling penting. Soalnya, data-data di DRH ini yang bakal dipake untuk penetapan NIP. Jadi, ini nggak boleh salah, ya!

Di DRH ini, lengkap banget datanya. Mulai dari identitas diri, keluarga, pendidikan, sampe organisasi dan riwayat pekerjaan. Per bagiannya juga luengkap, sampe jurusan SD SMP SMA pun ditanyakan, akreditasi kampus juga. Terus, di DRH ini kalian juga harus input nomor ijazah, surat sehat, SKCK, serta pejabat yang tandatangan juga. Wes to pokoe detail. Untuk foto terbaru, ada kolom untuk upload di bagian identitas diri. Secara default, foto yang terunggah di situ adalah foto yang kita pake pas pendaftaran awal. Mau diganti boleh, enggak boleh. Asal memenuhi syarat aja.

Selanjutnya, dokumen-dokumen yang diminta akan dilampirkan di bagian akhir DRH. Kita disuruh upload, kayak awal pendaftaran CPNS itu. Dokumen yang diminta dan sudah pernah diupload pas pendaftaran awal kayak ijazah, transkrip, surat lamaran, juga akan otomatis terunggah di situ. Kalo mau kalian ganti nggak masalah, tapi aku nggak ganti sih.

Oiya, pas ngisi DRH itu bakal diminta upload surat pernyataan juga. Suratnya beda dengan yang di awal pendaftaran. Surat pernyataan ini konteksnya untuk pemberkasan. Surat ini ada dua macem, yang satu dari web SSCN dan yang satunya dari instansi kalian sendiri. Kalian harus upload kedua surat itu, ya! Jadiin satu file PDF dan upload~


To be honest, waktu pemberkasannya diperpanjang. Yang awalnya sampe 15 November, ternyata diperpanjang sampe tanggal 21 November. Nggak cuman itu, Kemendagri ngumumin peserta pengganti yang mundur atau nggak melakukan pemberkasan itu tanggal 26 November. Khusus pengganti, pemberkasannya sampe tanggal 30 November. Udah diperpanjang, ketambahan peserta pengganti. Alamat dah tuh, penetapan NIP pasti bakal lebih panjang lagi. Padahal, kalo kalian tau, aku tanggal 27 November itu udah di Jakarta. Hedeh.

Terus, selama nungguin penetapan NIP di Jakarta, ngapain aja?

Aku? Yang pertama, pastinya menghafal Jakarta. Rute-rute KRL, Transjakarta, tempat-tempat umum, trus budayanya gimana, harga makanan di sana. Intinya sekalian adaptasi dengan Jakarta, lah. Aku juga udah pernah buat tulisan kilat tentang first impression aku di Jakarta. Kalian bisa cek di sini!

Terus, hampir barengan sama aku ke Jakarta, aku juga nyoba buka reseller hijab gitu. Ya Alhamdulillah udah mayan banyak yang beli. Meskipun belum sepenuhnya balik modal karena aku nyetok hijab dan belum habis semua, tapi aku tetep seneng bisa cari uang sendiri~ Buat kalian para ciwi yang mau nyari hijab bisa intip Instagram jualan aku, ya! Nih linknya, di sini. Bantu larisin yukssss (izin promo bentar ye)

Bagaimana rasanya menunggu penetapan NIP?

Rasanya, yang jelas bener-bener waswas dan gelisah. Gelisah banget. Ini kapan dapat NIP..... 

Seenggaknya, seminggu sekali pasti ada aja yang nanyain kabar NIP aku. Ya orangtua, keluarga, sampe si Mus pun ikut nanya juga. Si Mus ini satu-satunya temen aku yang sering nanyain kabar NIP aku. Ya tiap kali ditanyain, aku selalu jawab "aku nggak tau, tunggu aja, nanti aku kabari." Ya gimana, aku memang cuman bisa ngomong itu.

Kabar baiknya, BKN mulai update progress penetapan NIP tanggal 10 Desember 2020, dan itu update tiap hari Selasa dan Kamis. Aku pun selalu mantau itu, ada webnya.

Tanggal 16 Desember, NIP Kemendagri yang di-acc BKN nambah satu. Pas itu udah hamdalah banget, seenggaknya NIP Kemendagri udah diproses.

Tanggal 22 Desember, jumlah yang acc jadi 351 dari 357 orang. Udah positive thinking tuh, kurang 6 orang. Pasti cepet lah tuh. Tapi, sampe tanggal 31 Desember kemarin, cuman nambah jadi 352.

Meskipun demikian, ada satu hal yang bikin surprising di sini.

Tanggal 30 Desember, ada kabar kalo BKN mau share secara live hasil penetapan NIP jam 4 sore. Aku mikir ini bakal lama, jadi aku sampe persiapan cari jajanan buat nonton. Ternyata, aku pulang dari beli jajanan jam 4 lewat, dan ternyata live-nya sudah selesai. Aku cek durasinya.....

NGGAK ADA DUA MENIT.

Seketika aku merasa nyesel udah beli jajan. Udah gitu, pas aku cek isi videonya, ternyata BKN bilang kalo masih kurang 5000 an NIP lagi yang belum di-acc secara keseluruhan. Haduh, mbok ya kasih info yang detail gitu napa dah. Pake tabel kalo perlu.

Dan malemnya, kebetulan aku lagi telfonan tuh. Pas itu, ada satu CPNS (yang kenal orang biro kepegawaiannya) bilang kalo malem ini atau besok paginya (tanggal 31) bakal dikirim email untuk surat pemanggilan. Yang tadi sore udah nervous dan kena prank, malam itu nervous-nya balik lagi. Malah jauh lebih nervous. Meskipun gitu, aku mikir, "Halah, paling juga besok pagi dikirim."

Eh ternyata.... Pas aku udah selesai telfonan, naik ke kasur, dan udah persiapan tidur, eh tiba-tiba ada yang chat, "Guys, cek email."

DAH AUTO GAGAL TIDUR.

Aku langsung gercep buka email, dan nggak ada email baru masuk di situ. Aku bener-bener panik.

"Guys, nggak ada email nih di aku."

"Sabar ya temen-temen, ini lagi dikirim filenya."

Sambil nunggu file dikirim, aku coba buka email lagi, DAN BENERAN ADA :")

Udah jingkrak-jingkrak, teriak-teriak (sampe lupa kalo lagi di kos dan kondisi kos lagi sepi), intinya bener-bener seneng banget. Alhamdulillah.

Akhirnya, aku kabarin keluarga aku, sama temen aku yang tadi telfonan sama aku. Padahal udah diakhiri telfonnya, eh jatuhnya malah ngehubungi lagi. Ya gimana, itu super ndadak weh.

Btw, email itu isinya undangan untuk pengarahan CPNS dan penyerahan SK. Tempatnya di Kemendagri Pusat, yang di daerah Monas. Jadwalnya dibagi jadi 6 sesi, dan dibedain juga menurut tempat penetapan. Aku dan temen-temen Balitbang disuruh datang tanggal 5 Januari 2021, jam 8 sampe 10 pagi.

Untuk cerita selanjutnya, tentang pengarahan dan penyerahan SK pastinya, aku akan bahas di part selanjutnya. Doakan semoga acaranya lancar ya gais!

Sekian dari aku, tetep staytune sama ceritaku, annyeong!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia : Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

REVIEW LAGU CHEN - SHALL WE?