PENGALAMAN IKUT CPNS - 6 : AWAL YANG BARU

 Assalamu'alaikum semuanya~

Yak, kali ini, aku pengen cerita awal-awal jadi CPNS, yang meliputi penyerahan SK dan pengarahan-pengarahan. Kalo soal kerjaan, aku nggak akan cerita, sih. Panjang nanti......

Oke, langsung gas lanjut!

Kalo kalian baca cerita aku sebelumnya, aku kan dapat undangan pemanggilan tanggal 30 Desember 2020, tuh. Aku kebagian tanggal 5 Januari 2021, sesi 1. Jam 8 sampe jam 10. Nah, di undangan itu juga tertulis apa-apa aja yang harus disiapkan, khususnya surat rapid. Aku mulai dari situ dulu, ya!

Jadi, di tanggal 30 Desember itu aku juga nyari-nyari barengan buat tes rapid ke temen-temen CPNS yang udah di Jakarta, syukur-syukur kalo ketemu orang Jakarta langsung. Soalnya kan aku di Jakarta dan nggak tau sama sekali lokasi rapid test di mana aja, apalagi yang harganya pas di kantong. Setelah nyari dan nyari, ketemu dah sama Mbak Fitri sama Mbak Dewi. Akhirnya, besoknya (tanggal 31) kita ketemuan di Stasiun Gambir dan diskusi soal tempat rapid test. 

Setelah diskusi panjang kali lebar kali tinggi sama dengan volume, kita sepakat buat rapid test di salah satu klinik di Tebet, Jakarta Selatan. Kita booking via Traveloka, karena pas lagi diskon (tidak di-endorse ya gais). Awalnya 140 ribu, dapat diskon 50% jadi 70 ribu. Kita booking untuk hari itu juga, soalnya tanggung, udah terlanjur keluar. Oiya, kita pilih yang rapid antibodi, soalnya kita udah di dalem Jakarta juga. Kalo yang di luar Jakarta, harus pake rapid antigen atau swab.

Sepertinya aku nggak perlu jelasin detail tentang rapid test, karena kebanyakan dari para pembaca udah pernah ngalamin juga, kan?

Tapi tetep kukasih TMI, deh.

Jadi gini, pas kita udah sampe klinik dan ngisi formulir, tentu saja kita nunggu giliran dipanggil. Nah kebetulan Mbak Dewi tuh yang dipanggil. Mbaknya nanyain soal promo Traveloka itu. Dan ternyata....... Kita salah klinik gaes. Ternyata bukan di klinik cabang situ, tapi di cabang lain. Kita baru tau kalo di Tebet klinik itu punya dua cabang. Untung jaraknya nggak terlalu jauh.... dan Alhamdulillah hari itu juga dapat suratnya.

Okay, urusan rapid selesai.

Untuk hal-hal lainnya sih, nggak terlalu ribet. Cuman masker, sarung tangan, hand sanitizer, face shield, gitu-gitu lah. First aid-nya COVID-19 kan gitu. Toh kebetulan aku udah punya semua. Hand sanitizer ada, face shield dikasih gratis pas naik kereta jarak jauh (thanks, KAI~), cuman minus sarung tangan yang akhirnya aku beli di deket kosan. Oiya, sama seragam hitam putih pastinya. Inimah aku dah ada semua juga.

Untuk soal lokasinya, di undangan tertulis kalo bakal diadain di Kemendagri Pusat, di daerah Monas. Kalo dari kosku, aku cukup naik Transjakarta rute 5C, trus turun di Halte Pecenongan. Lewat pintu belakang, kalo pintu depan mah yang pas depan Monas itu.


Potret Kemendagri dari Pecenongan (pintu belakang)

Seperti biasa, prosedur dasar kalo kita masuk tempat umum dan kantor adalah : cek suhu dan pakai hand sanitizer. Di Kemendagri juga sama. Nah, setelah itu, CPNS diarahin ke ruang tunggu dulu. Selanjutnya, bakal ada presensi dan CPNS dipersilahkan masuk ke ruangan acaranya!


Kondisi ruangan acaranya, tentunya diambil pas masih belum mulai wkwk

Untuk detail acaranya, aku agak-agak lupa siapa-siapa yang ngasih pengarahan. Maafin, lupa beneran~ Tapi konteksnya ya dijelasin tentang Kemendagri, ruang lingkupnya, hak dan kewajiban, juga nyambung soal ASN, tentang etika birokrasi, kedisiplinan dan sebagainya. Setelah itu, kita diarahin untuk registrasi fingerprint, dikasih snack, dan udah. Kita keluar ruangan itu. Ketika CPNS udah registrasi fingerprint itu, CPNS udah dinyatakan terikat dengan Kemendagri, udah jadi pegawai. Yah, meskipun SK sama SPMT masih belum terima, tapi SK katanya per 1 Desember dan SPMT per 4 Januari.

Lah terus, terima SK kapan?

Pas hari itu pun aku juga bingung karena nggak terima SK sama sekali, yang lainnya juga gitu. Tapi ya sudahlah, kalo udah waktunya bakal dikasih kok.

Lanjut, ya.

Sebenernya, setelah pengarahan itu selesai, CPNS diarahkan lagi buat ketemu pihak bidang penempatan masing-masing. Karena aku penempatan BPP/Balitbang/Badan Penelitian dan Pengembangan, ya aku gabung sama anak BPP lain. Kumpulnya di ruang tunggu yang tadi kumasuki. Nah, di situ kita ketemu Pak Abas, kepala pengelola kepegawaian di BPP. Beliau cuman kasih arahan singkat dan beliau meminta CPNS BPP untuk kumpul di kantor Kemendagri BPP setelah Dhuhur, sekitar jam 1 siang.

Di BPP juga kurang lebih sama aja acaranya. Pengarahan juga. Pengarahannya sekitar semingguan, mulai dari tanggal 5 Januari (Selasa) sampe tanggal 8 (Jumat). Isi pengarahannya ya lebih spesifik. Ngebahas tugas dan fungsi masing-masing bagian atau unit kerja. Ada Pusat Litbang Administrasi Kewilayahan, Pemerintahan Desa, dan Kependudukan; Pusat Litbang Inovasi Daerah; Pusat Litbang Otonomi Daerah, Politik, dan Pemerintahan Umum; Pusat Litbang Keuangan Daerah, juga ada Sekretariat.

Aku ditempatkan di Pusat Litbang Administrasi Kewilayahan, Pemerintahan Desa, dan Kependudukan. Ada lima orang : Mbak Khusnul, Mbak Tiwi, Mas Fuad, Mas Tito, sama aku. Pengenalan sama unit kerja aku ini cuman satu harian aja sih, kalo nggak salah di tanggal 6 Januari. Soalnya, CPNS BPP tiap hari ada pengarahan dari pagi sampe sore, jadi ya nggak sempet buat ketemu lebih intens sama pegawai-pegawai di sana, apalagi ada yang WFH. Tapi Alhamdulillah, per tanggal 11 Januari kemarin, aku udah mulai aktif kerja di unit. Yah, meskipun aku pun masih nggak tahu apakah bakal ada pengarahan lagi nantinya.... Dinikmatin aja lah, ya.

Oiya, soal SK-nya, Alhamdulillah CPNS BPP udah terima SK tanggal 6 Januari 2021. Tapi tanggalnya nggak per 1 Desember 2020, 30 November malah. Isi SK-nya, ya... Ada identitas diri kayak nama, NIP, TTL, dan sebagainya, trus ada gaji pokok dan unit kerja penempatannya. Penempatan aku itu (Pusat Litbang Administrasi Kewilayahan, Pemerintahan Desa, dan Kependudukan) memang sudah disesuaikan dengan SK yang aku terima. Nggak bisa diubah katanya, kecuali ada mutasi, ya...


Potret SK, maaf hanya bisa menampilkan cover karena banyak data pribadi, hehe

Ini foto CPNS BPP pas terima SK, sayangnya ada beberapa yang nggak keliatan soalnya kepotong :(

Hmm, mungkin sekian dulu cerita aku di part ini. Insyaa Allah aku udah sampein semuanya, mulai pengarahan awal sampe aku efektif kerja. Maafin aku nggak begitu rinci jelasin acaranya, tapi yang jelas garis besarnya ya kayak gitu.

Apakah ini jadi part terakhir?

Entahlah, tapi masa CPNS ini satu tahun. Jadi pasti bakal lebih banyak hal seru lainnya. Meskipun sebagian besar agenda nanti mungkin akan pake daring, tapi tentunya nggak bakal ngilangin keseruannya, kok! Ditunggu aja~

Annyeong~

Komentar

  1. halo mba, saya mau tanya donk. Apakah setelah masuk kerja, ada diminta berkas fisik seperti copy ijazah yg dilegalisir?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah punten kak baru liaaat, kalo fc ijazah sih engga ya. soalnya dari awal pemberkasannya udah scan asli

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia : Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

REVIEW LAGU CHEN - SHALL WE?