PENGALAMAN IKUT CPNS - 4 : UJUNG PENANTIAN

 Assalamu'alaikum,

Annyeonghaseyo yeoreobun!

Akhirnya, aku bisa sampai di titik di mana aku bisa nulis sampe part ini. Part ini bakal ngebahas apa yang terjadi setelah SKB selesai, dan bagaimana hasil akhirnya. Bisa dibilang, ini part terakhir dari rangkaian seleksi CPNS. Yah, meskipun dibilang terakhir juga nggak cocok karena masih ada satu tahap lagi setelah pengumuman akhirnya.

Tanpa basa-basi lagi, langsung check it out!

Di part sebelumnya, aku cerita kalo peringkat sementara aku setelah tes SKB adalah 10 dari 57 peserta, dan 29 orang belum tes saat itu. Kalian bisa lihat ceritanya di sini. Pastinya kalian bingung, kenapa aku bisa bilang kayak gitu. Ada dua alasan sebenernya.

Alasan pertama, soal timeline pelaksanaan SKB di Kemendagri yang nggak barengan. Pelaksanaan di Kanreg antara tanggal 1-14 September, dan yang BKN Pusat tanggal 22-23 September. Kan aku dapat jadwal tanggal 14 September tuh, jadi aku bisa tahu nilai pesaing-pesaing aku yang tes antara 1-13 September, termasuk yang tanggal 22-23 September. Soalnya semuanya di-publish di YouTube, kayak pas aku tes.

Alasan kedua, soal penghitungan integrasi nilai SKD-SKB. Jadi gini, skor total di seleksi CPNS diambil dari total tes SKD sebesar 40% dan 60% sisanya dari SKB. Nilai SKD kan aku udah tau dari pengumuman hasil SKD tanggal 23 Maret kemarin. Terus, komponen tes SKB-ku juga cuman dari tes bidang CAT, yang hasilnya pun bisa dilihat secara langsung dari YouTube. Atas dasar ini, aku jadi bisa melakukan integrasi mandiri. Artinya, total skornya aku bisa rekap sendiri. Toh BKN juga menjelaskan detail bagaimana cara mereka menghitung, jadi masyarakat termasuk aku pun jadi bisa ngerti.

Gimana caranya aku ngerekap nilai mandiri?

Gampang aja, nama pesaing aku udah tau dari pengumuman hasil SKD, nilai semua pelamar bisa tau lewat YouTube. Tinggal satu lagi, aku juga harus cari tau, pesaing-pesaingku tes di mana aja, tanggal berapa, dapat sesi apa. Begitu tiga hal ini udah dapat semua, maka aku bisa ngerekap dengan mudah. Cuman, ribetnya, meskipun aku udah tau tanggal dan sesinya, tapi tetep aja harus mantengin namanya satu-satu. Soalnya yang tes dalam satu sesi itu pasti banyak, sekitar 100 orang kalo dirata-rata. Beneran harus teliti. Kalo namanya nggak ada, aku bakal replay nilainya tiga kali. Kalo beneran nggak ada, kemungkinan dia emang nggak ikut tes SKB atau tes susulan gitu.

Nah, setelah aku tes SKB pun juga gitu. Sambil nunggu pesaing yang tes di Jakarta, aku ngerekap nilai peserta yang tes tanggal 1-14 itu, termasuk aku. Nah, dari situlah aku bisa ngelihat kalau peringkatku sementara adalah 10 dari 57 peserta. Sudah minus dua orang sih, karena nggak ikut SKB, atau mungkin ikut susulan.

Apa yang aku rasakan ketika nunggu para peserta yang tes di Jakarta?

Rasanya, yang pasti adalah nervous. Jadi, dalam rentang waktu setelah aku tes, sampe tanggal 22-23 September, aku beneran harap-harap cemas, gimana kira-kira hasil tes mereka. Saat itu, aku yakin peringkatku pasti akan turun, karena malah hampir nggak mungkin kalo peringkat aku tetep, karena nilaiku yang terhitung rendah, 330. Masalahnya adalah, aku bakal turun berapa peringkat?

Ketika tanggal 22 September tiba dan peserta udah pada selesai tes, aku langsung ngerekap nilai mereka. Dan hasilnya............ peserta yang tes nambah 14 orang dan aku turun 6 peringkat! Dengan kata lain, dari 19 orang yang akan lolos tes CPNS, aku peringkat 16. Artinya, kalau peringkat aku turun lagi, aku hanya bisa turun maksimal tiga peringkat saja. Aku khawatir, kalau 14 orang saja bisa bikin aku turun 6 peringkat, lantas 15 orang terakhir yang tes besoknya bakal bikin aku turun berapa peringkat?

Malamnya, aku cerita ke orangtuaku dan aku nangis. Aku bilang ke mereka kalau aku sudah bergantung banget sama tes CPNS ini, karena aku sudah terlalu lelah nyari kerja juga. Selain itu, kalau aku sampai nggak lolos tes ini, aku harus ke mana? Aku beneran bingung, ngerasa frustasi dan hilang arah banget.

Akhirnya, Mama bilang,

"Kalau kamu nggak lolos, tentu saja Mama sama Bapak kecewa. Tapi, kalau memang itu sudah hasil akhirnya, ya Mama, Bapak, juga kamu, nggak bisa apa-apa lagi kan. Berdoa saja, berbesar hati (tawakkal), semoga diberikan hasil yang terbaik."

Akhirnya, aku coba ikutin nasihat Mama. Aku udah siap menerima apapun hasilnya nanti. Tinggal menunggu tanggal 23 September, tanggal tes terakhir dari Kemendagri.

Disclaimer buat pembaca : apapun hasil akhirnya, baik aku lolos atau enggak, tapi aku harap kalian sudah tau semua walkthrough dari rangkaian seleksi CPNS ini, dari seleksi administrasi, SKD, SKB, sampai pengumuman akhirnya. Aku harap ini bisa jadi pelajaran buat kalian, juga buat aku.

Okay, aku lanjut ya.

Esoknya, tanggal 23 September, setelah tes benar-benar berakhir, aku ngerekap nilai-nilai mereka, dan memastikan semuanya apakah sudah sesuai atau belum. Dari hasil rekapan ini, alhamdulillah penambahan 15 orang yang tes hari itu hanya ngebuat aku turun dua peringkat! Saat ini, peringkatku adalah peringkat 18 dari 57 orang, dan peringkat 1-19 akan lolos dari seleksi ini.

Meskipun peringkat-nya mepet, tapi aku tetep bersyukur karena aku masih termasuk 19 besar.

Tapi.....................

Ini belum resmi, gaes! Ini masih peringkat akhir versi rekapan aku. Meskipun aku udah nyocokin kalkulasi aku dan satu pesaing lainnya yang kebetulan rekap juga, dan hasilnya sama, aku harus tetep nunggu pengumuman resmi dari Panselnas. Aku yakin hasilnya akan sama dengan rekapan aku ini. Kalaupun hasilnya beda, dan itu sampai mengubah peringkat, seluruh rekapan aku beserta bukti-bukti nilai, dari pengumuman hasil SKD sampai live score di YouTube bisa kupakai sebagai bahan sanggahan. Tapi balik lagi, aku tetep berharap kalo hasilnya sama persis dengan rekapanku, karena kalo beda pasti ada yang salah.

Lantas, pengumuman akhirnya kapan?

Berdasarkan timeline terbaru dari Panselnas, pengumuman akhir seleksi CPNS adalah tanggal 30 Oktober 2020, lebih tepatnya hari ketika tulisan ini di-publish. Tapi, sejujurnya aku mulai nulis ini pada tanggal 25 Oktober hehehe.

Sambil nunggu tanggal 30, ngapain aja?

Sambil nunggu, yang pasti, aku tetep kerja (yang nulis butuh duit gaes), main game, dan yang pasti banyak berdo'a. Itu aja sih, hehehe. Aku juga nyicil-nyicil nyiapin berkas-berkas yang sekiranya bakal dipake untuk pemberkasan, meskipun ada beberapa yang aku belum urus karena masih belum tau detailnya seperti apa.

Pas tanggal 30-nya..........

Haduh, udah deg-deg-an dari pagi. Bangun tidur udah deg-deg-an. Soalnya gimana ya, dini hari tuh instansi Pemda udah pada upload pengumuman, ada beberapa kementrian/lembaga juga. Jadi, dari pagi tuh aku refresh web info CPNS Kemendagri. Gak tau dah udah berapa kali aku nglakuin itu sampai siang. Pas siangnya, ah udahlah nyerah buka web lagi. Akhirnya kutinggal buat urusan lain aja.

Nah, pas sorenya, pas ibukku kebetulan mau cari nama-nama CPNS di tempat kerjanya, pengumumannya barusan keluar. Akhirnya aku cek, dan.............

ALHAMDULILLAH AKU LULUS DAN SESUAI HASIL REKAPAN!

Lega banget rasanya. Akhirnya officially lulus!

Aku pengen ngucapin banyak-banyak terima kasih kepada orang-orang yang udah support aku buat ikutan tes CPNS ini. Mulai dari orang tua, saudara, Mbak Meilinda (atasan aku di kerja freelance), sama temen-temen yang juga udah nemenin aku di masa-masa mau tes dan sesudah tesnya. Mulai dari nemenin via telfon, nemenin ke toko buku, nemenin main, dan sebagainya.

Terakhir banget, aku mau sampein kalo ini adalah part terakhir dari seluruh rangkaian seleksi CPNS. Tapi, aku bakal kasih bonus part juga. Isinya, aku bakal ceritain apa aja yang harus dilakuin setelah lulus CPNS. Mungkin aku bakal cerita sebulan lagi, soalnya aku baru akan mengalaminya setelah tanggal 30 Oktober ini.

Terima kasih, annyeong!

Komentar

  1. Maaf kak, aku pngen tau, kakak untuk skb nya belajar sendri pa belajar dari bimbel?🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia : Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

REVIEW LAGU CHEN - SHALL WE?