PENGALAMAN IKUT CPNS - 2 : TES PERTAMA

 Assalamu'alaikum semuanya, annyeonghaseyo!

Kali ini, aku mau ngelanjutin ceritaku soal CPNS minggu kemarin. Di part sebelumnya, aku udah cerita bagaimana awal-awal aku ikut CPNS ini dan bagaimana cara mendaftar CPNS. Ceritanya bisa kalian cek di sini!

Bagi yang udah baca part sebelumnya, silahkan lanjut ke sini!


Bentar, di part sebelumnya kayaknya aku belum kasih tau ya aku lolos atau enggak?

Jadi jawabannya, iya. Alhamdulillah aku lolos seleksi administrasi. Kalo nggak lolos, nggak mungkin aku bisa lanjutin cerita ini, ehe. Lebih detailnya, dari 291 pelamar yang seformasi sama aku (sama-sama Statistisi Balitbang Kemendagri formasi umum), yang lolos ada 284 orang termasuk aku. Jadi, aku dan 283 pelamar lainnya akan bersaing di tes pertama yang dinamakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).


Sebenernya, SKD itu seperti apa tesnya?

Jadi, SKD ini adalah tes pertama yang harus kita lalui setelah kita dinyatakan lolos seleksi administrasi. SKD ini terbagi jadi tiga subtes yang dirangkum dalam 100 soal. Per soal skor maksimalnya 5, jadi total semuanya 500. Nggak peduli apapun formasinya, subtesnya semua sama rata. Oiya, masing-masing subtes juga punya passing grade sendiri-sendiri. Tapi....

Sistem SKD CPNS 2019 punya double standard. Artinya, kalian nggak cuman harus lolos passing grade. Nilai kalian juga harus tinggi. Soalnya, lolos enggaknya kalian di tes SKD ini juga ditentuin berdasarkan ranking.

Dalam kasus aku, kalian yang udah baca part sebelumnya pasti udah tau kalo kebutuhan formasi aku ada 19 orang. Nah, aturannya, yang bisa lolos ke tahap selanjutnya adalah dia yang lolos passing grade dan banyaknya orang yang lolos ke SKD adalah tiga kali jumlah kebutuhan formasi. Jadi, banyaknya pelamar yang bakal lolos ke tahap selanjutnya adalah 19 x 3 = 57 orang.

Artinya, dari sekian banyak orang yang lolos passing grade, yang lolos ke tahap selanjutnya cuman peringkat 1-57. Lainnya gugur.


Terus, jumlah soal per subtes berapa? Passing gradenya berapa?

Okey, ini semua bakal kujelasin per subtes yak! Ini dia subtes-subtesnya!


1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 

Seperti namanya, tes satu ini materinya bakal ke arah PPKn, Pancasila, dan sejenis itu. Kalo kita liat Permenpan Nomor 23 Tahun 2019, kisi-kisi soalnya kurang lebih seperti ini :

1. Nasionalisme, dengan tujuan mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional
2. Integritas, dengan tujuan mampu menunjukkan sifat atau keadaan yang menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, kewibawaan sebagai satu kesatuan
3. Bela negara, dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara
4. Pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika
5. Bahasa Indonesia, dengan tujuan mampu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tapi, seingat aku, pas aku tes, soal-soalnya lebih ke arah implementasi. Contoh aja seperti pengamalan Pancasila gitu, kalo soal Bahasa Indonesianya ya mirip tes Bahasa Indonesia pada umumnya, kek ejaan, kalimat pokok.

Oiya, di tes SKD ini, jumlah soalnya ada 30 soal, dan passing grade-nya 65. Jadi, kalian harus minimal jawab 13 soal dengan benar kalo mau lolos passing grade


2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Kalo tes yang satu ini, kalian pasti bakal familiar kalo kalian udah pernah ikut psikotes ataupun SBMPTN. Yap, tes ini isinya adalah kumpulan deret dan pola. Ada deret angka, deret huruf, sama gambar-gambar gitu. Intinya, kalian cuman disuruh nentukan mana yang cocok sama pola di soal. Itu aja. Oiya, di sini ada soal matematika juga, mulai dari matematika sederhana sampe soal cerita. Ada soal model sinonim, antonim, sama soal logika juga.

Kebayang kan? Soal-soal kayak gini memang ada di tes psikotes, trus ada di tes TPA SBMPTN juga. Jumlah soal semuanya ada 35, dan passing grade-nya 80. Jadi, minimal kalian harus jawab 16 soal dengan bener.


3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Sesuai dengan namanya, tes ini akan menilai kepribadian kalian. Sederhananya, kalian harus memilih mana tindakan yang paling tepat untuk studi kasus yang diberikan di soal. Studi kasusnya ada tentang pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, trus ada profesionalisme juga. Tapi, soal ini memang sepintas sederhana, tapi justru banyak jebakannya. Banyak jawaban yang sangat mirip dan bikin kita bingung, ini mana yang paling pas.....

Soal penilaiannya, nggak kayak dua tes lain yang per soal nilainya 5. Di tes ini, tiap pilihan jawaban ada skor 1 sampe 5. Jadi kalian harus bener-bener milih mana opsi jawaban yang menghasilkan nilai 5 kalo nilai kalian mau tinggi. Untuk jumlah soalnya ada 35 dan passing grade-nya 126.


Secara singkat, soal SKD gampang-gampang susah karena banyak jebakannya. Trus, gimana belajarnya?


1. Pastikan kalian belajar sesuai kisi-kisi

Saran pertama ini adalah saran yang paling pengen aku kasih tau kalian. Pastikan kalian udah tau kisi-kisi tesnya. Jangan kek aku. Kalo boleh jujur, aku dulu belajar TWK kayak belajar pasal-pasal UUD sampek sejarah. Eh ternyata, apa yang aku pelajarin beda sama kisi-kisi :)

Tapi, kalo kalian udah lolos seleksi administrasi dan kisi-kisi belum keluar, kalian bisa ngacu ke kisi-kisi tes tahun lalu. Biasanya nggak berubah terlalu banyak, kok, dari tahun lalu. Apalagi TIU, dari tahun ke tahun hampir nggak ada perubahan materi tes. Sama terus.


2. Belajar model nyicil, jangan belajar sistem kebut

Nah, saran aku, ketika kalian dinyatakan lolos seleksi administrasi, mulailah belajar saat itu juga. Belajarnya model nyicil supaya kalian bisa beneran paham. Kalo kalian belajarnya mepet itu nggak bakal berhasil, kecuali kalian emang hoki.

Soal yang mana yang dipelajari duluan, itu tergantung kalian masing-masing. Kalo aku, aku bakal belajar materi yang paling susah. TWK paling susah menurutku, soalnya ya emang nggak bakat di materi yang butuh hafalan kek gitu.

Kenapa harus belajar nyicil? Biar kalian tuh bener-bener paham konsepnya. Pemahaman konsep itu butuh waktu lama, serius. Apalagi untuk materi tes yang paling sulit, pasti bakal makan waktu lebih lama ketimbang materi tes yang paling mudah. Kalo kalian udah paham bener konsepnya, mau dikasih soal apapun pasti bisa ngerjain.


3. Banyakin latihan soal

Nah, ini adalah yang paling penting. Kalian harus banyak-banyak latihan soal untuk ngasah kemampuan dan kecepatan kalian ngerjain soal. Cari soal di internet banyak, kok. Atau kalo nggak gitu, kalian bisa nyoba simulasi tes CAT. Aku dulu pake simulasi CAT dari BKN. Kalian bisa klik di sini, tapi harus bikin akun dulu baru bisa pake.


4. Belajar bareng juga oke

Buat kalian yang susah termotivasi buat belajar, kalian bisa cari temen buat belajar bareng. Soal tempat, itu terserah kalian. Yang penting kalian jadi termotivasi buat belajar. Jadi keinget, aku sering banget belajar bareng Bu Erma. Kadang belajar di warung kopi, tapi lebih sering belajar bareng di gazebo SMA, hehehe. Makasih Bu Erma, udah mau belajar bareng saya :)


Untuk pelaksananaan SKD-nya gimana, nih?

Aku cerita dari mana, ya.........

Dari ini aja deh. Jadi, dari pengumuman hasil seleksi administrasi kemarin, di sana tertulis kalo tes SKD aku bakal diadain di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri. Cuman tanggalnya masih diumumkan kemudian..... Yah, memang, sih, Kemendagri nggak nulis tanggal pengumuman pelaksanaan SKD sejak awal, karena harus nunggu keputusan Panselnas.

Ini gedung tempat aku tes gaes, hihi (sumber : https://bpsdm.kemendagri.go.id/)


FYI, pihak Panselnas sendiri menjadwalkan kalo tes SKD ini bakal dilaksanain tanggal 27 Januari-28 Februari 2020. Jadi, sampe tanggal itu tiba, aku hampir tiap hari buka web CPNS Kemendagri. Sayangnya, sampai mendekati tanggal 27 Januari itu, belum ada pengumuman sama sekali dari Kemendagri :") Yang bingung nggak cuman aku, tapi pelamar lainnya juga.

Oiya, hampir aja lupa. Aku juga nyaranin kalian cari grup-grup CPNS yang seinstansi, syukur-syukur seformasi. Selain buat media sharing CPNS, kalian juga bisa ketemu banyak orang baru, hihihi

Oke, balik ke topik. Di grup CPNS Kemendagri, banyak pelamar bilang kalo mereka udah coba hubungi Kemendagri tapi masih belum ada balasan. Mulai, nih, Kemendagri mulai meluncurkan PHP pertamanya...... PHP ini berlangsung sampek beberapa hari, sampai ada salah satu pelamar yang bilang kalau dia sudah dapet balesan dari Kemendagri. Mereka bilang, tesnya bakal diadain tanggal 17-22 Februari. Alhamdulillah akhirnya dibalas!

Tapi, tunggu dulu..... Pengumuman resminya belum diluncurkan saat itu, katanya nunggu konfirmasi atau apalah dari Panselnas. Bahkan, sampe masuk tanggal 27 Januari, hari pertama tes SKD, belum juga ada pengumuman resmi. Aku masih nggak tau kebagian tes tanggal berapa. Haduh, Kemendagri mau kasih pengumuman tanggal berapa?

Dan akhirnya, tanggal 3 Februari, pengumuman resmi keluar! Aku kebagian tes tanggal 20, dapat sesi pagi, jam setengah 8. Tanpa pake mikir, aku pun langsung persiapan apa aja yang harus dibawa pas tes, mulai dari kartu peserta, alat tulis, dan sebagainya. Nggak cuman itu, aku juga harus packing pakaian, cari tiket pulang pergi Jakarta-Kepanjen, sekalian cari tempat nginep. Soalnya aku tes di Jakarta, dan itu jauh banget dari Kepanjen.

Aku berencana nginep di rumah Novi, temen se-per-wi-bu-an aku. Rumahnya di daerah Menteng, jaraknya sekitar dua stasiun KRL dari BPSDM yang notabene ada di Kalibata. Dear Novi, makasih udah mau ngizinin aku nginep, hehehe. Terlebih lagi, pas aku udah nyampe Jakarta, aku main sama dia, sama Jenifer, ke Kokas a.k.a. Kota Kasablanka, dalam rangka relaksasi sebelum tes CPNS esok paginya~ Makasih buat kalian, lain kali aku mampir lagi, ya!

Pas hari pelaksanaan tesnya, aku berangkat dari rumah Novi sekitar jam 06.30 pagi. Tapi, hari itu kebetulan hujan turun, jadi jadwal KRL bisa dibilang lumayan berantakan. Sebenernya, pas jam-jam segitu, banyak peserta yang udah sampe gedungnya. Mereka datang lebih awal soalnya tau hari ini hujan. Sebenernya dari awal udah ada rasa nggak enak karena takut telat, ditambah lagi ibukku yang terus-terusan nanyain apa aku udah berangkat atau belum. Haduh...... Tapi yasudahlah, udah terlanjur berangkat jam segitu, positive thinking aja, semoga nggak telat.

Buat sampe ke sana, aku naik angkot ke Stasiun Tebet, baru naik KRL sampe Kalibata. Nah, apesnya, pas aku naik KRL, ujan deres banget, dan itu bikin jadwal KRL agak ngaret. Aku makin khawatir, meskipun cuman ngaret semenit dua menit. Sampe Kalibata juga ujan deres. Gara-gara ngaret itu, aku baru keluar Stasiun Kalibata sekitar jam 07.20, padahal maksimal aku harus nyampe sana jam 07.30. Belom jalan kaki dari stasiun ke gedung tesnya. Akhirnya, aku harus jalan cepet biar sampe tepat waktu. Alhamdulillah, aku nyampe sana pas jam 07.30, dan pihak panitia yang di sana juga nggak bikin aku panik. Mereka nyuruh aku tetep santai.

Sampai di sana, aku diarahin ke tempat penitipan barang sama registrasi. Sistem registrasinya, kita bakal disuruh nunjukkin KTP asli sama kartu peserta ujian kita yang dari akun SSCASN itu. Kartu peserta ujian itu ada dua buah, satu untuk panitia dan satu untuk kita bawa. Setelah registrasi, kita nyerahin kartu peserta yang buat panitia. Nanti panitia bakal mendiktekan PIN peserta kita dan kita harus nulis PIN itu di kartu ujian yang kita bawa. Setelah selesai semuanya, kita diarahin ke ruang tunggu ujiannya, sampe ujian dimulai.

Pas jam 08.00, semua peserta diarahin ke ruang ujian. Ruang ujiannya ada di semacam aula gitu, dan itu GUEDEEEE BUANGEEET! Kira-kira, tuh gedung bisa muat sampe 1000 orang!

Sebelum tes dimulai, panitia ngasih briefing gimana cara log-in untuk ujian CAT-nya. Secara garis besar, kita disuruh masukin nomer KTP, nomer peserta, PIN peserta, dan PIN sesi. Untuk PIN sesi, panitia baru ngasih pas mau ujian, biar bisa log-in bareng-bareng. Kebetulan satu sesi ada tiga server. Server A, B, sama C. Kebetulan aku dapat komputer yang server B. Nah, setelah panitia ngasih PIN sesi untuk semua server, tes dimulai!

Untuk soal-soal yang keluar, udah kujelasin di bagian penjelasan subtes, ya! Untuk waktu pelaksanaan ujiannya itu 90 menit. Dan sebelum kalian menyelesaikan tesnya, pastikan jawaban kalian tersimpan semua dan udah keisi semua. Untuk mastiinnya, di pojok kanan atas layar nanti ada daftar nomor soal. Kalo jawaban udah kesimpen, nanti nomernya berwarna ijo, yang belum kesimpen warnanya merah. Jadi, pastiin warna nomer soal udah ijo semua dan jawaban udah dirasa bener semua sebelum kalian menyelesaikan ujian.

Waktu tes SKD ini, BKN punya sistem live score buat mantau nilai secara langsung. Jadi, buat para pengantar yan ingin lihat skor tes para peserta, mereka bisa lihat melalui live score yang disediakan di ruang tunggu yang ada di luar gedung. Seluruh nilai live score ini kayak kita beli bensin, dimulai dari nol sampe para peserta selesai ujian. Buat peserta, mereka bisa lihat skor mereka di layar komputer masing-masing setelah mereka kelarin ujian. Ini yang bikin aku nervous. Kalau mau lihat skor pelamar lain, peserta bisa lihat lewat live score yang di luar gedung.

Dari tes SKD ini, aku bersyukur skor aku cukup tinggi, 397 dari 500. Tapi, aku masih nggak tau siapa pesaing-pesaing aku dan berapa skor mereka. Soalnya, pas pengumuman pelaksanaan SKD kemarin Kemendagri hanya mencantumkan nama, tanggal, sesi, dan jam tes. Nggak ada rincian formasi. Selain itu, Kemendagri juga nggak publish nilai tes SKD secara keseluruhan di web nya, nggak kayak Pemda yang tiap kali selesai tes langsung di-publish di web. Jadi, aku harus nunggu pengumuman hasil SKD yang direncanakan tanggal 22-23 Maret 2020.

Tapi...........

Pas hari aku tes, ada berita kalo virus COVID-19 udah masuk ke Indonesia. Berita inipun juga bikin pelaksanaan seleksi CPNS terhambat. Untungnya, kasus ini nggak terlalu menghambat pelaksanaan SKD dan pengumumannya. SKD tetep berjalan sesuai jadwal, karena ya nggak mungkin pindah tanggal. Selain itu, pengumuman hasil SKD juga tetep di-publish di tanggal 22-23 Maret. Dari pengumuman itu, Alhamdulillah, aku termasuk salah satu dari 57 orang yang lolos ke tahap selanjutnya!


Wah, rasa-rasanya cerita ini panjang, ya..........

Jadi, aku cukupkan dulu di sini ya! Terkait tahapan selanjutnya, aku akan cerita di part selanjutnya, klik di sini~

Annyeong!

Komentar

  1. mbk mau tnya.. di kemendagri utk bukti akreditasi kl pke fotocopy sertifikat akreditasi trs ada legalisirnya bisa ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia : Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

REVIEW LAGU CHEN - SHALL WE?