FIRST IMPRESSION TINGGAL DI JAKARTA

 YEOREOBUN ANNYEONGHASEYO!!!!!!!!!

(baru intro udah ngegas)

Yak, setelah sebulan lama tidak bersua dengan blog ini, aku sekarang pengen cerita satu hal tentang Jakarta. Apakah ini relate dengan artikel CPNS-ku yang kemarin? Hmm, mungkin sedikit. Nanti aku ceritain dah pokoknya. Selamat membaca!

Kenapa aku bisa tinggal di Jakarta?

Singkat cerita, begini.......

Kalo kalian baca artikel CPNS-ku yang kemarin, alhamdulillah aku lolos~ Setelah lolos itu, aku kan pemberkasan tuh buat dapetin NIP, dan tentunya aku harus persiapan buat tinggal di Jakarta. Kenapa? Karena penempatanku kebetulan di sana, di Jakarta Pusat. Detail cerita soal pemberkasan masih coming soon yak, soalnya prosesnya belum selesai. Tapi kenapa aku nekat ke Jakarta padahal proses penetapan NIP belum selesai? Itu bakal kuceritain juga di artikel lain. Tunggu aja, ya~

Yah, mau gimana, soalnya topik intinya bukan di situ. Aku cuman ngebahas soal tinggal di Jakarta di artikel ini.

Okay, masuk ke cerita ya.

Jadi, aku berangkat ke Jakarta sekitar tanggal 27 November 2020 jam 2 siang. Aku nyampe Stasiun Gambir jam 4 pagi. ITU BELOM SUBUH GAIS :") Oke. Tapi gini, temen aku bilang kalo Stasiun Gambir itu seberangnya Monas. Jadi, aku berharap dapat liat Monas langsung, meskipun subuh-subuh ya.....

Yah dan akhirnya kesampaian liat! Dan view sekitar Stasiun Gambir sama Monas tuh rapih banget, bagus banget, ijo banget juga~ Coba agak terangan dikit, pasti lebih bagus dah tuh.

Pas hari pertama aku tinggal di Jakarta, aku masih nebeng sama kerabat aku, kerabat yang jemput aku di Stasiun Gambir ini. Tempat tinggalnya di daerah Kramat juga, dan kebetulan aku juga mau cari kos sekitar situ, karena deket sama unit penempatan di CPNS. Setelah beberapa hari tinggal di sana, aku akhirnya dapat kosan dan enggak tinggal bareng lagi. Kalo dihitung, mungkin udah sekitar 2-3 mingguan aku tinggal di Jakarta.

Ini dia hal-hal yang aku rasain selama di Jakarta dan cukup membuat shock juga. Tapi ya meskipun shock harus bisa adaptasi lah ya.........

1. Waktu sholat lebih molor

Meskipun Jakarta dan Malang masuk zona waktu yang sama, tapi waktu sholatnya lebih molor ketimbang di Malang. Sederhana saja, posisi Jakarta kan ada di baratnya Malang, jadi wajar lah ya. Di awal-awal aku sempet bingung karena ini, tapi sekarang Alhamdulillah udah bisa adaptasi. Saran aku, kalian pake aplikasi yang bisa nampilin jadwal sholat sesuai lokasi terkini kalian.

2. Harga makanan yang lumayan mahal

Pas hari pertama di Jakarta, aku nggak terlalu masalah sama harga makanannya, soalnya sekitaran 10 ribu juga. Tapi, pas aku kos sendiri, ternyata di sekitaran kos aku harganya lebih mahal lagi. Bisa 15 sampe 20 ribu, bahkan ada yang lebih. Apakah lokasi kos juga ngaruh? Padahal ya harga bahan mentah nggak jauh beda tuh. Sepertinya buat aku, aku kudu masak sendiri deh wkwkw karena jauh lebih hemat. Ehe.

3. Belanja harus bawa tas sendiri

Ini juga aku ngerasain pas tinggal di Jakarta. Kerabat aku selalu ngingetin soal tas belanja. Pernah sekali dua kali aku lupa bawa tas belanja, dan alhasil aku harus beli di tokonya. Untung tokonya juga jual :") 

Sekarang, aku juga jadi selalu ngingetin diri sendiri buat bawa tas belanja kalo mau beli sesuatu, terlebih lagi kalo yang dibeli lumayan banyak. Beneran, bahkan sekelas toko kecil atau Alfamart Indomaret gitu udah nyetop kresek.

4. AC serasa jadi kebutuhan kalo cari kos

Pas awal cari kos, aku selalu mikir kalo AC bukan kebutuhan yang penting, karena menurutku bisa diganti dengan kipas angin. Tapi, berhubung di kosan yang non AC kita harus bawa kipas sendiri, jadi ya sekalian aja cari yang ada AC-nya......

Dan bener, sekali aku nyobain matiin AC dari pagi sampe sore + buka jendela, itu tuh masih panas gaes. Pake kipas pun gak begitu ngaruh. Jadi bener-bener berasa kalo harus nyalain AC. Tapi boros listrik juga AC nih. Kan bingung akuh, apalagi aku anak baru ngekos yang duit pun masih harus pake subsidi orangtua untuk sementara.

5. Anak-anak keluar malem

Kalo yang ini, pernah sekali aku keluar beli sate dan aku kaget banget anak-anak pada gerudukan keluar malem-malem. Kok bisa bebas keluar gitu, ya? Padahal nih, ya, kalo di Jawa tuh anak-anak kalo Maghrib aja udah dibentak suruh pulang. LAH INI? Malem malah keluar. Dan itu ternyata tiap hari kayak gitu. Oke, mungkin kulturnya memang begini.....

6. Orang yang cenderung cuek

Sebelum aku berangkat, orang tuaku dan temen-temennya bilang kalo di Jakarta orangnya pada cuek. Kerabatku juga bilang kayak gitu. Dia pernah jatuh pas jalan dan nggak ada yang nolong. Sebenernya aku nggak begitu ada masalah karena aku juga notabene orangnya cuek. Cuman, kalo aku lagi bingung ya susah juga mau nanya siapa. Kayak nanya arah jalan misal. Makanya aku bersyukur banget aku ada kerabat yang bisa jadi tempat nanya untuk sementara.

7. Pembayaran serba nontunai

Kalau soal ini sih, ya memang bener adanya. Kalo naik Transjakarta atau KRL memang e-money tuh wajib banget buat dibawa, karena nggak bisa cash bayarnya. Cuman, yang bikin aku kaget adalah : sekelas gerobak jualan pun melayani pembayaran nontunai. Beli cilok bisa bayar pake OVO, beli seblak bayar pake ShopeePay, atau beli martabak bayar pake QRIS. Memang banyak promo juga sih, kayak cashback atau diskon. Cuman, kalo aku pake nontunai, ntar kalo sisa receh nggak bisa ditabung. Lagian aku khawatir bakal kalap aja, soalnya uangnya 'nggak berwujud'. Jadinya aku tetep pake cash kalo mau beli apapun.


Yak, kurang lebih kayak gitu aja sih, hal-hal yang aku alami (dan aku inget) selama hidup di Jakarta ini. Barangkali kalian punya pengalaman berbeda pas tinggal di Jakarta? Drop di kolom komentar, ya!

Sekian dari aku, annyeong~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia : Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

REVIEW LAGU CHEN - SHALL WE?