BENAR-BENAR KELUAR ZONA NYAMAN : JADI PRESENTER DI NCTI 2019

Assalamu'alaikum, yo gaes, annyeonghaseyo!

Kali ini, aku bakal cerita pengalamanku, ketika aku jadi presenter untuk pertama kalinya. Lebih tepatnya, pada tanggal 14 September 2019, kemarin banget, di STKIP Al Hikmah Surabaya, dalam acara 1st National Conference on Teaching Innovation (NCTI).

Kenapa aku memutuskan untuk cerita di sini?

Karena, selain aku yang kepengen cerita, lumayan banyak juga yang nanyain 'aku ngapain di sana?' Ada yang ngira aku ngajar, ada juga yang ngira aku kerja. Padahal enggak :( Ada juga yang mungkin heran, kenapa aku yang notabene anak statistika bisa nyasar ke acara konferensinya anak-anak jurusan pendidikan. Jadi, yah, kujelasin sekalian di sini.

Di ceritaku kali ini, aku mungkin akan sedikit ngasih reaction aku tentang STKIP Al Hikmah juga, tapi bukan berarti aku promosi ya gaes, hehe.

Tapi sebelum itu, aku bakal ceritain tentang STKIP Al Hikmah dulu, nih.

STKIP Al Hikmah itu salah satu kampus Islam swasta di Surabaya, dan kampus ini bernaung di yayasan bernama Al Hikmah juga. Satu alasan kenapa aku bakal bikin reaction kampus ini : kampus ini aslinya kampus buat cowok, gaes. Tapi katanya taun ini kampus ini buka buat cewek, tapi ya itu, temenku yang orang sana bilang kalo dia cuman ketemu satu cewek di sana. Hedeu. Apa bedanya coba :(

Oke, jadi mari kita anggap bahwa kampus ini masih berstatus 'kampus khusus cowo.' Jadi, aku penasaran gimana atmosfernya ketika masuk ke kampus ini.

Oke, masuk ke cerita utamanya. Ini akan kubagi menjadi dua sub cerita, persiapan acara sama hari H nya.

Satu : Persiapan menjelang acara

Jadi, kisah ini bermula pada sekitar bulan Juni atau Juli lalu, kalau nggak salah. Tapi yang jelas, hari itu aku mau ke Malang buat bantuin skripsi temen, dan aku berangkat bareng dia. Jadi, aku nunggu di depan SPBU deket rumah, pas itu sekitar jam enam pagi. Tiba-tiba, aku dapat chat dari temenku yang kebetulan kuliah di Al Hikmah juga, namanya Kamal. Aku biasa panggil dia Mus.

Kurang lebih, si Mus chat kayak gini :
"Din, mau ikutan ini nggak? Jadi second writer bareng aku? (sambil kirim foto poster NCTI)"

Pas itu, tanpa basa basi lagi aku langsung iyain. Satu pikiran yang terlintas saat itu :
"Kalo bisa nambah pengalaman + publikasi, why not?"
Sekalian, aku juga penasaran gimana kalo semisal ilmu statistika aku diterapin di sini. Toh hampir semua jurusan, termasuk pendidikan, dapat materi statistika walaupun sedikit. Jadi ya apa salahnya kalo aku coba?

Kukira, setelah aku balas 'iya', dia gak ngomong apa-apa lagi. Eh ternyata, dia langsung diskusi buat milih topik yang disediain di situ. Hedeu, gercep amat nih anak. Baru aja bilang iya langsung diajak diskusi topik. Mbok ya saya dikasih waktu buat bernapas dulu, buat mikir dulu :( mana pas itu posisinya udah dijemput pula. Alhasil, aku mau gak mau kudu mikir topik sambil perjalanan ke Malang. Daan setelah kejadian ini, aku dan Mus pun akhirnya ada waktu untuk diskusi, topik yang dipilih berkaitan sama teknologi gitulah pokoknya.

Oke, setelah ketemu topik utamanya, lanjut ke pembahasan isinya.

Menurutku, ini yang paling banyak memakan waktu. Faktor utamanya, ya karena aku sama Mus punya background pendidikan yang bener-bener beda. Aku dari Statistika, sedangkan Mus dari Pendidikan Bahasa Inggris. Dan waktu itu, aku sama dia pengennya nyatuin bidang ilmu yang kita punya. Biar sama-sama ada peran di artikelnya nanti. Kalo pure bahas pendidikan, akunya bakalan susah paham, jadi aku mau bantu pun juga susah nanti. Pas nentuin isi ini, aku sama Mus udah ada intisarinya, yaitu ngebahas Online Informal Language Learning (OILE), yang ngambil datanya pake kuisioner. Cuman, kita masih belum paham, nanti untuk detailnya ini bakalan dibawa ke mana. Bahkan, sampe kisaran akhir Agustus, aku sama dia masih sempet ganti-ganti pembahasan detailnya (entah dua kali atau tiga kali). Kalo boleh jujur, aku sama Mus cuman diskusi langsung satu kali di akhir Agustus, itu pun pas kebetulan aku lagi ada acara di Surabaya. Selebihnya cuman via chat. Meskipun cuman ketemu satu kali, tapi dari ketemuan inilah aku sama Mus akhirnya bisa ngefix.in pembahasan detailnya. Waktu itu kita mutusin buat bikin analisis statistika secara deskriptif tentang kecenderungan penggunaan bahasa Inggris di aktivitas daring/online atau OILE tadi.

Untuk datanya, aku sama Mus pake kuisioner. Kalo ini, nggak butuh waktu lama. Bahkan ini udah dikelarin di bulan Juli. Ya karena memang kita udah ngefix.in datanya, jadinya bisa cepet dikerjain. Untuk penyebarannya, memang aku sama Mus yang ngelakuin, tapi untuk analisisnya aku yang tangani. Sebenarnya analisisnya juga cuman sebentar, udah selesai pas abis sebar kuisioner, tapi karena aku terus-terusan lupa buat ngirim ke Mus, alhasil baru sempet kasih pas abis ketemu di Surabaya. Selain itu, karena dia bukan anak statistika, aku juga perlu ngejelasin dong. Memang dia sudah dapet materi research method, tapi pembahasannya nggak sedetail statistika. Ada juga materi yang nggak dia dapet di kuliahan. Untuk materi yang nggak ada ini, aku bener-bener harus jelasin dari nol, dan aku bersyukur dia bisa paham. Yah, meskipun sebelum-sebelumnya dia juga bener-bener kebingungan, dan aku pun juga bingung mau jelasin model gimana. Tapi akhirnya itu bisa terlampaui, Alhamdulillah.

Untuk penulisannya, sama juga. Abis ketemu baru digarap. Tapi sebenernya, sebelum itu dia juga udah bikin kerangka paper-nya, jadi lumayan kebantu lah. Aku dapat bagian kerjain bagian research design dan hasil analisis, sedangkan dia sisanya, bagian background dan teori. Aku nggak pro nulis artikel jurnal pake bahasa Inggris, jadi aku nulis pake bahasa Indonesia dan diterjemahin sama Mus. Di awal-awal mulai nulis, aku hanya nulisin hasil analisis yang udah kukerjain. Untuk pembahasan detailnya, aku baru kepikiran ide di awal September dan memuncak pas kisaran H-3 atau H-2 acara. Padahal, tanggal-tanggal segitu aku lagi sibuk-sibuknya persiapan wisuda, dan kebetulan ada tes online juga. Ini aku yang tipikalnya emang deadliner atau gimana ya :(

Btw, sebenernya deadline full paper itu di bulan Agustus. Seriusan aku bener-bener lupa waktu itu. Aku pun nanya ke Mus, "Gapapa nih telat?" Kata dia gapapa, bisa dibetulin sampe acara selesai. Santai aja, gitu katanya. Pas itu aku bener-bener gak bisa santai, soalnya ya gimana, papernya juga belom jadi. Mau nulis aja kagak ngerti, soalnya udah bukan jatahku :( Tapi ya sudahlah aku pasrahkan sama Mus karena dia yang paling ngerti, baik paling ngerti sama paper ini maupun mekanisme acara ini. Terlebih lagi aku juga baru tahu kalo dia juga panitia, makin ngerasa bersalah dah. Jadi kebayang gimana sibuknya dia, ngurus paper sekaligus acaranya. Mianhae :(

Untuk presentasinya? Ini yang pualing simple. Gimana nggak simple, orang yang ditulis cuman poin-poin aja. Namanya aja PowerPoint, ya kan. Tinggal kitanya yang kudu pinter ngomong. Mungkin bagi Mus enggak masalah, karena background dia bahasa Inggris. Makanan sehari-harinya ya Bahasa Inggris terus. Kalo aku? Aku paham bahasa Inggris, tapi untuk speaking aku lemah banget. Aku paham mau ngomong apa, tapi nggak bisa dikeluarin. Alhasil aku kudu latihan ekstra buat speaking bahasa Inggris. Entah pas hari H kayak gimana, yang penting latihan dulu udah.

Dua : Hari eksekusi

Akhirnya, tanggal 14 September datang juga. Aku ke Surabaya naik kereta Tumapel. Berangkat jam setengah lima dari Malang, nyampe Surabaya jam tujuh. Karena rumahku di Kepanjen, otomatis aku harus berangkat lebih pagi lagi buat ke stasiun Malang. Sejujurnya, sebelum berangkat aku juga sempet was-was, kalo-kalo nanti di sana nggak ada temen cewek. Aku cerita ini ke Mus, dan Alhamdulillah dia bilang kalo aku gak bakal cewek sendiri. Dia bilang bakalan banyak peserta cewek juga, jadi aku bisa tenang.

Begitu nyampe di Surabaya, aku langsung naik ojek online ke lokasi TKP, ke STKIP Al Hikmah. Aku sudah cukup pede kalo aku gak bakal datang kepagian, toh dari stasiun Wonokromo ke sana juga butuh waktu, belum macetnya juga. Dan aku nyampe sana kisaran pukul setengah delapan, nyampe gerbang yang tulisannya SMP-SMA Al Hikmah, yang di pertigaannya ada pos satpam. Karena aku sama bapak driver ojeknya juga kurang tau STKIP itu di sebelah mana, alhasil bapaknya ambil lajur ke kiri, lewat lapangan sampe ke depannya SMP Al Hikmah (padahal ternyata kalo ke STKIP beloknya ke kanan gaes, nyesek gak ituh).

Nyampe sana, aku ngelihat ada satu cowok lagi duduk-duduk di kursi. Aku nggak tau apakah dia mahasiswa STKIP atau bukan, tapi yang jelas bagiku dia pasti anak Al Hikmah. Jadilah aku nanya ke mas itu,

"Mas, STKIP Al Hikmah itu di sebelah mana ya?"
"Oh, mau ikut NCTI ya mbak?"
"Iya mas."
"Mari, saya antar."

Abis itu, aku langsung bayar ojek tadi dan ngikutin mas itu tadi. Saat itu aku mikir, "Ternyata di STKIP ada cogan (cowok ganteng) kayak dia ya." Bukan ada maksud apa-apa ya gaes, tapi emang orangnya cakep, putih gitu. Kayak ala-ala idol Korea gitu. Beneran ini.

Oke, skip.

Sambil aku ngikutin masnya ke lokasi acara, aku juga sempet ngeliatin spot-spot Al Hikmah yang aku lewatin. Mulai dari lapangan yang tadi, masjid, kantin yang ada di sana, sampe jalan-jalannya. Menurutku, ini kampus bener-bener estetik. Bersih dan rapi gitu. Banyak banget yang bisa di-jepret. Memang aku akhir-akhir ini aku suka ngefotoin apa aja yang baru aku liat, makanya aku sampe berpikiran seperti itu. Gak cuman itu, sepanjang perjalanan aku cuman ngelihat cowok, sama sekali nggak ada cewek di sini. Ketemu itu pun juga peserta NCTI. Sambil jalan, aku bener-bener berharap ada panitia perempuan di sana nanti (padahal sebenernya aku udah tau kalo ada dosen perempuan di Al Hikmah, atau yang biasa mereka panggil Ustadzah). Ya gimana ya, sepanjang perjalanan aku ngerasa kalo aku kayak cewek yang entah kenapa bisa nyasar ke kampus cowok :")

Ternyata, mas itu nuntun ke aku ke sebuah aula, yang namanya Aula Marwah/Marwah Hall. Dan bener, ada panitia perempuan di sana. Aku pun langsung ke meja registrasi, dan ternyata namaku nggak ada :( Oke gapapa, masih ada kolom kosong jadi aku bisa nulis sendiri. Dan karena namaku gaada di situ, aku masih belom dapet tanda peserta. Tapi aku santai aja, gak ambil pusing soal itu. Abis registrasi, yang pasti aku dapat conference kit dong. Yang bikin aku takjub, ternyata untuk minumannya, NCTI pake tumblr gaes! Lumayan lah, bayar 160 ribu dapat tumblr. Bisa dipake lagi di rumah, ya kan.

Pas aku masuk, di sana aku ngelihat kalo tempat duduk cowok sama cewek dipisah. Bukan hal baru sih bagi aku, karena ini kan kampus Islam. Aku juga dulu ikut organisasi keislaman, jadi aku udah tau hal yang kayak gini. Abis aku duduk, aku pun cerita ke Mus soal registrasi itu. Dia bilang, kalo tanda peserta buat aku bakalan dibikinin lagi. Meskipun aku nggak ambil pusing soal tanda peserta ini, aku tetep bilang ke Mus. Selain karena itu juga masuk hak aku, aku juga ngerasa kalo aku sendiri yang gak pake tanda peserta kan aneh gitu. Hehe.

Foto ini sebenernya diambil pas udah break buat ishoma, ehe.

Untuk acaranya sendiri dibuka sekitar jam delapan dengan penampilan banjari dari mahasiswa Al Hikmah. Setelah itu, baru masuk acara resminya, seperti pembukaan, lagu Indonesia Raya, Mars Al Hikmah, sambutan, serta tari Ratoh Jaroe. Untuk banjarinya, menurutku penampilannya bagus kok. Dan aku juga ngerasa kalo aku udah lama banget nggak ndengerin banjari. Bahkan aku lupa kapan terakhir kali dengerin banjari. Jadi, pas ndengerin banjari rasanya kayak bikin kangen aja gitu. Kalo Ratoh Jaroe, awalnya aku nggak tau itu tari dari mana, tapi setelah masuk ke tariannya aku baru tau kalo itu dari Aceh. Konsep tariannya hampir sama kayak tari Saman. Yang bikin aku tertarik adalah penarinya yang cowo semua. Jarang-jarang kan cowok kasih penampilan tari. Meskipun yang nari cowok semua, tapi mereka semua nggak kalah kompak loh. Bagian yang paling aku suka itu pas yang akhir, pas bagian mereka mulai gulungin tali. Awalnya aku sempat mikir kalo mereka bakalan keiket dan semacamnya. Ternyata enggak, mereka bikin semacam simpul gitu gaes. Menarik banget. Salut dah.

Ini pas penampilan banjarinya

Kalo ini, pas bagian akhir dari penampilan dari tari Ratoh Jaroe. Keren kan?

Oiya, pas pembukaan aku juga sempet ditanyain sama MC-nya. Karena acara ini diselenggarakan sama Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, jadi MC nya nanya ke aku pake bahasa Inggris. Waktu itu aku memang bener-bener punya firasat kalo aku yang bakal ditanyain, dan ternyata beneran. Awalnya aku ditanyain nama aku, kemudian MC nanya ke aku tentang perjalanan ke sini. Sebenernya aku udah tau dia mau nanya apa, tapi karena saking groginya aku sampe nanya berulang-ulang ke MC-nya. Beneran malu sumpah. Terus, aku juga ditanyain judul penelitian aku karena aku presenter. Kalo yang ini, Alhamdulillah bisa jawab dengan lancar :) Tapi tetep aja sebel sama yang sebelumnya. Masa iya pertanyaan segampang gitu aja bingung :(

Setelah acara pembukaan selesai, acara selanjutnya yaitu semacam pemaparan materi gitu. Sebenernya bukan materi, tapi lebih ke presentasi artikel ilmiah gitu. Cuman speakernya diundang sama Al Hikmah. Ada dua speaker, yang satu Ustadzah Zuliati, atau Ustadzah Zul, dari UIN Sunan Ampel Surabaya sama Ustadzah Lies dari UNESA.

Untuk yang pertama, Ustadzah Zul, beliau maparin papernya beliau tentang bahan ajar Bahasa Inggris yang di dalamnya ada materi tentang Islam. Beliau bilang kalo kita harus mengajarkan murid-murid kita tentang Islam, di manapun dan kapanpun. Untuk bentuk bahan ajarnya, bukan bahan ajar untuk pelajaran Agama ya gaes, namun untuk pelajaran Bahasa Inggris. Cuman, untuk materi Bahasa Inggris-nya diselipin materi-materi keislaman. Jangan kebalik ya gaes. Gunanya apa? Biar kita bisa belajar bahasa Inggris sekaligus belajar Islam.

Speaker kedua, Ustadzah Lies, maparin tentang penelitian dia tentang penggunaan karya sastra dalam pembelajaran EFL atau English as a Foreign Language di lingkup sekolah menengah. Ini menurutku sangat berbobot, bahkan otak saya agak nggak nyampe sebenernya :( Jadi kalo yang ini, menurutku konsepnya juga hampir sama. Belajar bahasa Inggris juga, tapi diselipin konten-konten karya sastra di dalamnya. Menurut aku, beliau bikin research ini biar muridnya bisa paham karya sastra dengan lebih mudah, dan gurunya juga nggak terlalu kesulitan ngajarin karya sastra. Ya karena karya sastra itu sulit gaes, bahkan di materi Bahasa Indonesia juga.

Dari kedua speaker ini, aku bener-bener belajar sesuatu yang baru. Sesuatu yang berkaitan sama tema yang diusung NCTI juga : Empowering Teachers for Industry 4.0 Era. Meskipun aku anak statistika, tapi aku cukup punya passion di dunia mengajar. Pas kuliah, aku juga pernah ngajar mata kuliah ke adik-adik kelas, dan bahkan sampe sekarang aku juga ngajar part-time di salah satu bimbel di deket rumahku. Kurang lebih yang aku simpulkan seperti ini :

Satu : Industri 4.0 merupakan era yang mayoritas aktivitasnya mengandalkan teknologi. Nah, orang-orang Indonesia harus siap untuk ini, termasuk guru. Memang, ada beberapa hal yang bisa diajarkan lewat bantuan teknologi, seperti menghitung misalnya. Menghitung bisa dilakukan pake kalkulator, atau bahkan sekarang bisa pake Excel. Tapi, perlu diingat bahwa manusia masih lebih unggul dari teknologi. Masih ada banyak hal yang tidak bisa diajarkan lewat teknologi, dan di sinilah guru harus punya peran. Misalnya, membimbing murid-murid untuk memilah benar dan salah, mengajarkan nilai-nilai moral, dan membentuk karakter murid-murid.

Dua : Guru tidak hanya sebatas mengajarkan materi, namun juga mendidik murid-murid agar mereka jadi anak-anak yang baik, sholeh dan sholehah. Karakter murid-murid juga berubah seiring berjalannya zaman, jadi guru harus pandai-pandai banget menyesuaikan diri dengan zaman. Banyak juga tantangannya, jadi nggak bisa monoton alias gitu-gitu aja cara ngajar atau ndidiknya. Oleh karena itu, guru-guru juga harus punya inovasi untuk senantiasa bikin pendidikan Indonesia ini maju. Makanya, dengan adanya acara ini, kita bisa tau inovasi-inovasi atau penemuan-penemuan apa yang mereka buat atau lakukan sekarang ini, dan gimana penerapan ke dunia pendidikan nantinya.

Kebetulan pesertanya dapat kesempatan buat foto sama speaker, so lucky :")

Setelah pemaparan dari kedua speaker, peserta dapat waktu break untuk ishoma. Kesempatan ini kupake buat kenalan sama peserta-peserta yang lain. Bahkan ada peserta yang dari Blitar dan Kediri loh. Meskipun kebanyakan Surabaya, sih. Daan hampir semuanya adalah mahasiswa jurusan pendidikan. Aku serasa beda sendiri :) Oke, jadi, aku barengan sama mereka ke masjidnya Al Hikmah. Sepanjang perjalanan ke sana, aku terus-terusan ngefoto segala hal yang aku lewatin. Mumpung ada kesempatan, kenapa enggak?

Dua hal yang paling menarik perhatianku : perpustakaan dan kolam ikan di jalanan masjid. Perpusnya keliatan bagus dan luas banget, sampe-sampe aku pingin nyoba masuk. Terus, jalur masuk cewek dan cowok juga dipisah, sesuai kultur Islami. Jalan ke masjid juga gitu. Sudah dipisah juga, sejak 10-15 meteran dari masjid. Sepanjang jalannya juga dikasih kolam ikan koi. Jadi bisa ngasih kesan seger gitu. Oiya, selain itu, sebelum masuk masjid juga udah dikasih rak sepatu dan rak mukena. Untuk mukenanya itu kayaknya khusus siswi SMP-SMA, karena udah ada namanya. Mukenanya semua juga ada di rak situ. Mungkin biar kalo sholat gak usah repot bawa mukena lagi, karena mereka udah naruh di sana. Pokoknya bener-bener ketata rapi.

Untuk denah masjidnya, yang cewek sholat di lantai dua, sedangkan cowok di bawah. Masjidnya gede dan juga penataannya gak kalah estetik. Langit-langitnya pake kayu, jadi lumayan keliatan seninya gitu. Hehehe. Meskipun interiornya nggak semewah di Masjid Raden Patah-nya UB, tapi menurutku masjid Al Hikmah tetep bagus kok. Toh terlepas dari indah enggaknya, yang penting kan kegunaannya.

Selepas sholat, aku sama peserta-peserta cewek langsung naik ke lantai empat buat makan siang dan sesi presentasi. Awalnya aku ngira kalo kampus ini nggak punya lift, tapi ternyata punya gaes, tersembunyi tempatnya. Salah satu mahasiswa Al Hikmah bilang kalo ini sebenernya cuman boleh dipake sama ustadz/ustadzah di Al Hikmah, gak boleh dipake mahasiswa.

Setelah sampe ke lantai empat, aku masih menemukan banyak hal baru di Al Hikmah ini. Bahkan hingga acara selesai pun, aku masih penasaran dengan gedung yang aku pijak saat itu. Rupanya, aku menyadari kalo gedung kelas dan gedung kuliah benar-benar dijadikan satu gedung, hanya saja dibuat beda lantai. Aku kira SMA dan STKIP ada di gedung yang terpisah, ternyata enggak. Ngomong-ngomong, lantai empat isinya rata-rata ruang kuliah buat STKIP, sedangkan di bawah-bawahnya untuk SMA. Bener-bener praktis sih ini, menghemat penggunaan area gedung, jadi area terbukanya bisa lebih banyak.

Di lantai empat ini juga, makan siang disiapin di sini, dan presentasinya pake ruang kuliahnya STKIP. Sama kayak tumblr tadi, makan siangnya pake kotak bekal. Jadi bener-bener bisa dipake lagi. Pas ambil kotak makan itu, kebetulan aku ketemu sama peserta yang nanti seruangan sama aku (ruangan nomor tiga) pas sesi presentasi. Namanya Feby, anak UIN Sunan Ampel. Jadilah aku masuk ke ruangan bareng dia, naruh barang, terus aku sama Feby pindah ke ruangan nomor satu buat makan bareng peserta lain. Pas aku masuk, ternyata ruangan nomor satu ini beda sama ruangan nomor tiga. Ruangan nomor tiga itu ruang kelas, tapi ruang satu itu kelas yang bisa dipake aula juga. Kalo nggak salah namanya Gedung Arafah, ya? Btw, di ruangan satu, aku ketemu sama salah satu dosen yang ternyata dari UB juga, namanya Bu Putri. Beliau adalah dosen Fakultas Pertanian. Aku sampe keceplosan manggil mbak soalnya beliau ini bener-bener masih muda. Salut sama beliau. 

Oke, lanjut ke sesi presentasi. Sesi paling menegangkan di acara ini.

Di ruangan nomor tiga, peserta ceweknya ada empat orang termasuk aku sama Feby. Untuk cowoknya, aku gak bisa itung dengan pasti soalnya yang cowok-cowok ini dari Al Hikmah semua dan mereka juga keluar-masuk ruangan karena panitia. Mungkin sekitar lima atau enam orang, termasuk Mus sama moderatornya. Ngomong-ngomong, moderatornya adalah MC pas pembukaan tadi, Mas Khoironi namanya. Kok ya ketemu dia lagi, kalo inget kejadian tadi wajahku bakal ditaruh di mana ini :")

Pas awal sesi presentasi, Mas Khoir (aku singkat aja biar gampang) ngasih tau sistematika presentasi ini nanti. Waktunya 20 menit termasuk tanya jawab, dan dia pingin sesi ini nggak terlalu formal. Jadi bisa dibikin lebih seru dan nggak bikin grogi. Meskipun gitu, menurutku gak ada bedanya, karena aku tetep bakal grogi karena aku kudu presentasi pake Bahasa Inggris. Kalo bahasa Indonesia mah aku bakal hajar aja presentasinya. Untuk urutan presentasinya, Mas Khoir ngebebasin pesertanya buat nentuin siapa yang maju duluan.

Presentasi yang pertama adalah dari Bu Rizka, dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Beliau mengenalkan konsep yang namanya blended learning, paduan dari online class dan offline class. Aku lupa beliau pake platform apa, tapi yang jelas itu platform dari luar negeri, dan kebetulan UINSA udah ada MoU dengan sana. Yang bikin aku takjub adalah beliau presentasi dengan sangat lancar, meskipun sebelumnya sempat ada gangguan teknis di awal.

Yang kedua, presentasi dari Feby. Aslinya, dia sama Mas Khoir juga, tapi karena dia moderator jadi nggak bisa presentasi. Mulai sesi ini kondisinya mulai cair, malah sempet aku ketawa karena sebelum presentasi Feby bilang ke Mas Khoir buat ikutan presentasi, dan dia bilang kalo dia nggak bisa ikutan. Bisa gitu juga ya. Kalo yang ini, paper-nya tentang pendekatan Genre Based Approach buat anak SMA kelas 12, fokusnya ke materi reading atau membaca. Di sesi ini, aku sempet nanya ke Feby tentang penerapan GBA ini ke ujian masuk univ. Tapi karena aku nggak lancar bahasa Inggris plus grogi juga, akhirnya pertanyaanku nggak nyampe ke mereka. Dan bodohnya aku nggak nulis pertanyaannya dulu. Untungnya mas Khoir nangkep maksud aku dan jelasin detailnya. Dia bisa jelaskan detail karena dia yang turun langsung ke lapangan, sedangkan Feby bagian editing. Pantesan Feby juga bingung pas kutanyain :(

Karena aku sama Mus dapat giliran ketiga, jadi aku bakal ceritain yang dapat giliran terakhir dulu. 

Yang presentasi namanya mbak Utami, dari Universitas NU Blitar. Dia dari jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, jadi dia pake bahasa Indonesia buat presentasi. Yah, karena ini skalanya nasional, jadi memang enggak masalah sih. Ngomong-ngomong, paper dia ini tentang pendekatan Content Language Integrated Learning (CLIL) di bahan ajar cerita panji untuk SMK. Bahkan, dia sempat nunjukin bentuk fisik bahan ajar ke peserta lain di ruangan itu. Dari presentasi ini, dia juga berpesan kalo budaya lokal tidak boleh kita tinggalkan meskipun zaman terus berkembang, karena ini adalah bagian dari sejarah.

Oke, sekarang aku bakal ceritain yang bagiannya aku sama Mus, giliran ketiga. Awalnya aku nggak tau kalo sekarang giliran aku, tapi karena Mus tiba-tiba maju ke depan, jadi ya aku langsung ikutan maju. Ini sumpah kalo diinget, pingin ketawa sekaligus malu :") Btw, paper aku sama Mus ini tentang kecenderungan penggunaan bahasa Inggris pada mahasiswa Indonesia dalam aktivitas online.

Kericuhan ini udah bermula sejak opening. Memang kita berencana buat barengan buat salam pembuka, tapi aku nggak tau aba-abanya. Jadinya aku keceplosan duluan dan salamnya diulang lagi. Hedeu :") Selain itu, dia juga sempet bilang kalo penelitian ini dibuat untuk nyatuin ilmu statistika sama bahasa inggris untuk pendidikan. Ini bener-bener nggak disangka. Aku nggak nyangka dia bakal ngomong ini. Salut Mus.

Untuk pembagian presentasinya, Mus bagian background dan teori, jadi dia jelasin tentang data pengguna aktivitas online sama teori aktivitas online / OILE-nya. Sisanya, metode penelitian sampe hasilnya itu bagian aku. Kalo misal ada yang gak paham, aku sama Mus saling bantu gitu.
Secara keseluruhan, Mus lumayan bagus presentasinya, meskipun di tengah-tengah dia sempet blank dan aku yang gantiin dia. Tapi kalo aku, menurutku aku bener-bener nggak maksimal. Apa yang mau aku ucapin semuanya nggak keluar. Alhasil aku jadi terbata-bata dan aku juga bener-bener bingung mau ngomong apa. Untungnya, Mus bantuin aku. Untuk sesi tanya jawabnya, Mus juga yang bantuin jawab. Ada juga peserta yang kasih saran. Aku bener-bener bersyukur pas itu. Meskipun apa yang aku sama Mus sampaikan tidak seutuhnya, tapi aku seneng kalo mereka paham tentang presentasi ini.

Selepas acara usai, aku merasa bahwa banyak hal yang bener-bener aku pelajarin selama ikut NCTI ini.

Satu : Keluar dari zona nyaman itu benar-benar menantang. Meskipun tantangannya sulit, tapi kita bakal belajar banyak hal baru dari situ. Contohnya, dari aku ikut NCTI ini, aku bisa tau tentang ruang lingkup dunia pendidikan lebih jauh. Aku bisa tahu apa yang orang-orang jurusan pendidikan ini (re : calon guru) bahas di zaman sekarang ini, dan apa yang lagi populer di dunia pendidikan saat ini.
Dua : Dengan keluar dari zona nyaman, kamu bakalan ketemu sama orang-orang baru. Selain nambah relasi, kita juga bakal dapat hal baru dari mereka. Kita juga bisa berbagi ilmu yang kita punya ke mereka juga.
Tiga : Kalau mau bisa ngomong bahasa Inggris, harus bener-bener dibiasakan. Percuma kalo kita paham bahasa Inggris tapi nggak bisa ngomongnya, ya kan.

Mungkin, itu aja yang bisa aku ceritain kali ini. Dari cerita ini aku berharap kalian juga bakal bisa keluar dari zona nyaman kalian. Coba aja, itu seru kok. Beneran.

Sebagai tambahan, kalo kalian kepengen liat foto-foto yang sempet aku jepret, bisa lihat di akun Instagram aku (username : dndadn_), tapi sebelumnya aku mohon maaf dulu kalo nggak semua spot yang aku sebut di sini aku foto dan aku upload, harap maklum ya gaes, ehe.

Kalo pingin kepo seputar STKIP Al Hikmah atau mungkin prodi Pendidikan Bahasa Inggris-nya, lebih spesifik, bisa cek di instagramnya langsung (alhikmah.teacher.institute atau efecalhikmahsurabaya).

UPDATE 18.10.2019

Kalo untuk paper yang aku buat, Alhamdulillah sudah dipublikasikan dalam bentuk buku (e-book). Sudah punya ISBN juga, jadi kalo kalian cek ISBN-nya di Perpusnas bakalan ada, kok.
Kalo kalian pingin akses e-book-nya bisa klik di sini.

Sekian dari aku, Wassalamu'alaikum, annyeong!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia : Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

REVIEW LAGU CHEN - SHALL WE?