REVIEW MV IZ*ONE - VAMPIRE

Halo gaes, annyeonghaseyo!

Kali ini, aku mau review MV lagi, nih. MV kali ini adalah MV dari salah satu girlgroup favoritku, namanya IZ*ONE. Kali ini, yang aku review adalah lagu Jepang mereka. Judulnya adalah Vampire.


Bagi yang belom tau IZ*ONE, nih aku kasih tau secara umumnya.

Jadi, IZ*ONE adalah girlgroup yang dibentuk dari acara survival bernama Produce 48. Acara ini menggabungkan antara acara Produce 101 dari Korea, yang isinya adalah para trainee Korea, dan idol-idol Jepang bernama AKB48. Satu alasan aku mulai suka dengan Produce 48 dan juga IZ*ONE : Aku suka K-POP dan juga dulunya aku suka AKB48 pas SMP. Jadi, ngelihat Produce 48 serasa mengembalikan jiwa wota (nama fans 48 Fams, maybe?) saya wkwk

Nah, jika biasanya idol group dari acara-acara Produce sebelumnya hanya promosi di Korea, kali ini IZ*ONE juga akan dipromosikan di Jepang. Secara, collab sama Jepang kok nggak promosi di Jepang juga, ya kan.
Dan, jika sebelumnya dalam idol group hanya ada 11 anggota, sekarang nambah satu jadi 12 anggota. Anggota-anggotanya diumumin pas episode final Produce 48 pada tanggal 31 Agustus 2018, dan yang terpilih ialah :

1. Jang Wonyoung alias dedek Wony dari Starship Entertainment
2. Miyawaki Sakura, gamers yang bukan kaleng-kaleng dari HKT48
3. Jo Yuri, si main vocalist dari Stone Music Entertainment
4. Choi Yena, bebek dari Yuehua Entertainmet
5. Ahn Yujin, dari Starship Entertainment juga. Dia ini orangnya lumayan jahil loh
6. Yabuki Nako dari HKT48, member terpendek di Produce 48. Nako-nako-naa~
7. Kwon Eunbi, emak leader dari Woollim Entertainment
8. Kang Hyewon dari 8D Creative, hobinya makan terooos
9. Honda Hitomi dari AKB48. Pipinya sangat cute, dan look-nya kayak buah peach (bias aku gitu loh, lol)
10. Kim Chaewon dari Woollim Entertainment juga kayak si emak, si 'ssamu' (tau dah artinya apaan)
11. Putri kodok, Kim Minju, dari Urban Works
12. Lee Chayeon the feather (mbak bulu) dari WM Entertainment. Dancing skill-nya nggak bisa diragukan lagi ini, makanya dia sering dibilang kalo dia seringan bulu

Kedua belas anggota ini bernaung di bawah agensi Off The Record Entertainment (Korea) dan AKS (Jepang), dan mereka debut tanggal 29 Oktober 2018 dengan judul 'La Vie en Rose'.

Wah, kepanjangan, ya?

Oke, skip. Lanjut ke pembahasan comeback Vampire.
Ini adalah singel ketiga mereka setelah Suki to Iwasetai sama Buenos Aires. MV dan lagu Vampire udah rilis pada tanggal 13 September 2019 kemarin, tapi untuk full version-nya baru akan dirilis tanggal 25 September 2019 besok.

Dari kiri ke kanan : Hitomi, Chaeyeon, Chaewon, Yuri, Minju, Wonyoung, Sakura, Yena, Nako, Eubi, Yujin, dan Hyewon (credit : www.izone-official.com)

Di comeback Jepang kali ini, yang kepilih jadi center adalah Sakura. Padahal Sakura udah dapet center di Suki to Iwasetai, mbok ya gantian yang lain gituh wkwk
Aawalnya aku sempet ngira kalo center kali ini adalah Yena. Ya karena pas bagian awal dia posisinya di tengah, ternyata enggak. WKWKWK

Lagu Vampire ini nyeritain tentang rasa cinta (anggap aja rasa cinta si 'aku') kepada seseorang, yang dilambangkan dengan vampir. Si 'aku' ini selalu mikirin dan rinduin dia sepanjang hari. Sampai-sampai, si 'aku' ini ingin jadi vampir agar bisa bersama orang yang dia cintai. Dan akhirnya, si 'aku' pun menjadi vampir. Ini lagu cinta sebenernya, cuman dibuat horor gitu.

Untuk MV-nya, MV ini menggunakan konsep horor, sesuai dengan lirik lagunya juga. Untuk konsep detail MV-nya, sebenarnya aku sudah membaca beberapa teorinya dari sosmed, tapi masih ada beberapa hal yang menurutku masih jadi pertanyaan. Terus, untuk kaitan MV ini dengan liriknya, menurut aku sih ada kaitannya. Cuman nggak ditunjukin dengan gamblang gitu.

Oke, jadi sebelum lanjut, aku cuman mau kasih tau kalo kalian jangan berekspektasi berlebihan dulu ya, wkwkw nanti kalo misal ada kurangnya boleh kasih komen kok, ehe.

YAK, LANJUT KE VIDEONYA GAES! Klik di bawah ini, ya!




Di bagian pertama MV, kita disuguhin sama pemandangan istana dan bulan purnama yang besar. Gambar ini bener-bener ngelambangin konsep horor yang diusung di comeback Jepang kali ini.

Istananya kayak gini gaes, keliatan horornya kan?

Di dalam istana itu, ada sosok Sakura. Berdasarkan teori yang saya baca, Sakura di sini berperan sebagai vampir utama. Lebih tepatnya ratu vampir. Menurut aku ini bener sih, karena selain outfit dia yang kayak ratu vampir, di MV ini dia kerjaannya cuman muter-muter di salah satu ruangan di dalem istana itu. Dia nggak ngapa-ngapain. Sakura hanya nempelin lolipop itu ke mulutnya dia.

Berdasarkan dari yang apa yang aku baca, vampir ini ceritanya lagi 'lapar' atau butuh darah saat bulan purnama. Kebetulan latar MV ini pas bulan purnama, dan Sakura nempelin lolipop itu karena mau dia makan (melambangkan 'lapar' tersebut).

Btw, soal lolipop yang dipegang Sakura, itu setengah warnanya merah dan setengah lagi warnanya mirip warna bulan (tapi dominan biru sih). Katanya, warna merah melambangkan Wonyoung berbaju merah, dan warna bulan kayaknya dominan ke Eunbi, sih. Artinya, dia dapat asupan darah dari Wonyoung sama Eunbi nanti.

Oiya, aku juga abis baca salah satu komen di post Instagram, katanya Sakura pernah jelasin kalo dia vampir utama, dan yang lain ikutan jadi vampir gara-gara dia, gitu. Hmm, mari kita lihat sampai akhir.

Sakura si vampir utama. Warna lolipop yang ditunjukin adalah merah.

Kalo yang ini, yang ditunjukkan warnanya biru, mirip warna bulan. 

Kalo si Wonyoung, dia ini 'anak buah'-nya Sakura. Dia punya tiga kucing, dua putih dan satu item. Btw, dia juga pake sarung tangan kayak Sakura. Ya karena dia ini vampir juga.

Wonyoung dengan dua kucing di atas kursi 

Kucing satunya ada di atas meja

Terus, yang bikin aku heran adalah dua gambar di bawah ini. Gambar pertama adalah gambar patung, dan gambar kedua adalah gambar sebuah ruangan. Ruangan itu adalah ruangan yang nanti bakal dipake Nako buat mencari tahu tentang sosok vampir yang misterius. Selain itu, ruangan itu juga nggak lama warnanya berubah menjadi serba merah. Katanya sih, warna merah itu melambangkan darah-darah dari korban gigitan vampir. Kalo gambar patung ini, kayaknya aku curiga, deh. Setelah aku lihat MV-nya berulang-ulang, entah kenapa aku merasa kalo patung itu menggambarkan Eunbi.

Ini sosok patung yang masih jadi pertanyaan buat aku 

Ini ruangan yang aku maksud tadi gaes

Ketika lagu ini dimainkan, Wonyoung dan kucing-kucingnya mulai berburu darah ke member-member IZ*ONE yang lain. Sasaran pertama yang keliatan duluan (menurutku) adalah Yujin. Saat Yujin lagi ngaca di sebuah ruangan, tiba-tiba sosok berbaju hitam berjalan melesat di belakangnya. Yujin langsung menoleh ke belakang dengan refleksnya, mencari sosok yang sempat lewat di belakangnya.

Yujin yang penasaran langsung menoleh ke belakang untuk mencari sosok berbaju hitam

Dan ternyata, sosok yang lewat di belakang Yujin adalah Chaeyeon. Chaeyeon di sini juga bantuin Wonyoung berburu darah. Katanya sih, Chaeyeon ini adalah jelmaan dari kucing hitam milik Wonyoung. Satu hal yang memperkuat ini : Wonyoung memiliki tiga kucing, dua putih dan satu hitam. Nah, Chaeyeon di sini berbaju hitam, sedangkan yang berbaju putih (jelmaan kucing putih) adalah Yena dan Hyewon. Artinya, ketiga member ini juga vampir.

Ketiga kucing Wonyoung digambarkan sebagai Chaeyeon, Yena, dan Hyewon

Sasaran kedua yang ternotis olehku : Chaewon.
Di gambar ini ditunjukkin kalo Chaewon lagi pake lipstick warna item. Item itu kan biasanya melambangkan 'sisi gelap' atau apalah itu, dan dalam hal ini adalah vampir. Nah di sini itu si Chaewon ini kek udah kepingin banget jadi vampir, padahal keknya diserang vampir aja belom. Btw, si Chaewon ini aku masih belum menemukan siapa yang bakal nyerang dia, ataukah dia jadi vampir dengan sendirinya. Sebenernya, sebelum scene lipstick ini, Chaewon udah megang sesuatu benda yang berwarna hitam. Entah itu apa.

Benda apakah yang dipegang Chaewon?

Chaewon yang udah kepingin jadi vampir

Sasaran ketiga : Hii-chan alias Hitomi. Di sini, dia terlihat lagi ngubek-ngubek sesuatu di dalam semacam akuarium gitu. Tapi katanya nih ya, dia itu lagi bikin semacam obat penawar buat ngeluarin jiwa-jiwa vampir gitu. Nah, di sini, Wonyoung yang langsung turun tangan buat nyerang Hitomi. Mungkin karena Hii-chan bikin obat kali ya, jadi Wonyoung langsung nyerang dia biar Hitomi berhenti bikin obat.

Kalo Hii-chan emang lagi bikin obat penawar, kenapa ngaduknya pake tangan wk

 Mata Wonyoung sempet berubah jadi kuning pas scene ini

Kalo Minju dan Eunbi, ada dua teori yang aku temukan sejauh ini :
Pertama, Eunbi adalah anak buah Sakura, dan dia di sini berperan buat ngubah Minju jadi vampir. Kalo dihubungin dengan patung tadi, patung itu menjelma menjadi Eunbi dan Eunbi pun ikut membantu Sakura. Kedua, Eunbi dan Minju sama-sama menjadi vampir di bawah kontrol Sakura. Bedanya yang pertama sama kedua apa? Kalo yang pertama kan Minju jadi vampir lewat Eunbi, tapi kalo yang kedua Minju jadi vampir lewat Sakura langsung.

Mana yang benar? Masih misteri.

Minju tampak ngarahin cermin ke arah jendela. Apa yang dia cari? 

Eunbi tampak ngamatin Minju. Apa yang dia pastikan?

Keduanya tampak melihat ke arah luar jendela. Apa yang mereka lihat?

Berikutnya, Nako. Di gambar ini dia tampak mencari tahu sesuatu tentang keberadaan vampir ini. Dia tampak melihat ke film, mencari tahu apa yang telah terjadi. Dia juga tampak menganalisis secarik kertas misterius. Akan tetapi, saat dia menyelidiki itu, tiba-tiba sesuatu yang buruk terjadi. Ini dilambangkan dengan lampu yang tiba-tiba mati dengan sendirinya. Ada yang bilang kalo Nako mencoba untuk menghentikan vampir, ada pula yang bilang kalau dia diserang oleh vampir karena dia sudah tahu misterinya.

Nako menganalisis film

Ini kertas misterius yang juga sempat dianalisis Nako 

Tiba-tiba sesuatu yang buruk terjadi, Nako panik

Setelah kejadian itu, member yang tersisa juga berubah menjadi vampir. Yuri bangun dari tidurnya dan menyadari kalo dia udah jadi vampir, terbukti dari kukunya yang berubah menjadi kuku vampir. Yujin, dia melempar sesuatu ke cermin karena dia tidak terima dengan kenyataan bahwa dia menjadi vampir. Sebelum dia melemparkan sesuatu ke cermin, terlihat bahwa di cermin tidak ada bayangan Yujin. Artinya, Yujin memanglah vampir. Dan bagaimana dengan Chaewon? Entah siapa yang menyerangnya, namun dia memang terobsesi untuk jadi vampir. Dia bahkan sampai melakukan ritual mandi di cairan hitam dan masuk ke dunia lain. Katanya, Chaewon ingin jadi lebih kuat dari Sakura.

Yuri dengan kuku vampirnya 

Tidak ada bayangan Yujin di cermin 

Chaewon melakukan ritualnya demi menjadi lebih kuat 

Katanya, ini menggambarkan Chaewon yang masuk ke dunia lain

Ngomongin soal ini, aku menemukan satu hal yang mungkin menyambungkan lirik lagu Vampire dengan MV ini, saat sebelum reff terakhir :

月の形 満月から 少しずつ欠けてくように
知らぬ間に 理性なんて消えてしまうもの
もう鏡見て心決めた 私、ヴァンパイア

Artinya :
Bentuk bulan dari bulan purnama perlahan-lahan semakin menghilang
Tanpa disadari kesadaran diri menjadi sesuatu yang hilang
Aku melihat ke cermin dan hatiku memutuskan, aku adalah vampir

Fokus aku adalah di dua baris terakhir. Di lirik tertulis "Tanpa disadari kesadaran diri menjadi sesuatu yang hilang. Aku melihat ke cermin dan hatiku memutuskan, aku adalah vampir." Lirik ini digambarkan dengan Yuri yang tanpa sadar berubah menjadi vampir karena dia berubah saat dia tidur, dan Yujin yang melihat ke cermin, melihat ke cermin dan menyadari kalau dia sudah menjadi vampir.

Nah, untuk yang terakhir aku bakal kasih foto-foto member IZ*ONE ketika mereka semua sudah berubah menjadi vampir.












Setelah mereka semua udah jadi vampire, aku menyadari satu hal : semua vampir di sini adalah komplotannya Sakura. Diawali dari Sakura, Wonyoung, kucing-kucingnya, dan mungkin Eunbi, mereka mencari sasaran lain untuk dijadikan komplotan mereka. Member yang udah diserang vampir akan menjadi vampir juga, di bawah kontrol Sakura cs. Tapi tetap aja dalang utamanya Sakura. Ada kemungkinan Sakura nyerang Wonyoung, kucing, dan Eunbi duluan untuk dijadiin anak buahnya, baru mereka nyebar cari sasaran lain. Kalo liat dari lirik lagunya, mungkin di bagian ini.

もしヴァンパイア なれたのならあなたを仲間にして(その傷跡)
ねえヴァンパイア 月の夜に
どうにもならない愛を映しましょう

Artinya :
Jika aku dapat menjadi vampir
Aku akan menjadikanmu temanku (bekas luka itu)
hei, vampir, di malam yang berbulan
Mari menyebarkan cinta yang tak dapat dihindari

Di dua baris pertama tertulis "Jika aku dapat menjadi vampir, aku akan menjadikanmu temanku." Ini bener-bener dilambangkan sama Sakura yang mencari komplotan di saat dia jadi vampir dengan menyerang member lain. Akhirnya, Sakura berhasil melakukan misi itu. Semua member IZ*ONE sekarang jadi komplotan dia semua.

Oiya, kelupaan. Aku belom kasih review aku secara keseluruhan tentang MV ini.

Pertama, aku salut karena IZ*ONE mampu ngasih konsep yang berbeda jauh dari beberapa comeback sebelumnya. Konsep yang dibawakan juga bener-bener selaras sama lagunya. Sama-sama berbau horor.
Kedua, lagu kali ini bener-bener catching. Lagu ini juga jadi background music di game mereka, IZ*ONE Remember Z, tapi mungkin cuman beberapa hari aja. Cara mereka nyanyi juga bener-bener kayak idol Jepang. Gak cuman itu, warna suara mereka juga bener-bener bagus, apalagi lagu ini gak dinyanyikan sendiri-sendiri tiap partnya, tapi langsung berdua atau bertiga gitu. Jarang yang part sendirian.
Ketiga, dance mereka bener-bener ikonik kali ini, dan yang paling ikonik adalah bentuk tangan mereka yang mirip tangan drakula.

Yak, mungkin itu aja dari aku. Kalo kalian ada komentar, bisa langsung taruh di kolom yang disediakan. Sekian, annyeong!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia : Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

REVIEW LAGU CHEN - SHALL WE?