REVIEW MV SUPERM - JOPPING

Annyeonghaseyo!

Kali ini, aku pingin bahas satu MV K-POP yang paling bikin aku tertarik pas ngeliat untuk kali pertama. Judulnya adalah Jopping dari SuperM. Gaskeun!


SuperM ini apa sih? Kok baru denger?

Oke, jadi SuperM ini adalah boygroup baru dari SM Entertainment. Tapi, anggota-anggotanya ini bukan dari trainee yang didebutin, tapi dari anggota-anggota boygroup sebelumnya. Siapa aja sih mereka?

Ada tujuh anggota boygroup SM yang juga didebutin ke SuperM ini. Taemin dari SHINee, Baekhyun dan Kai dari EXO, Taeyeong dan Mark dari NCT, sama Lucas dan Ten dari NCT/WayV (sub-unit NCT yang fokus di China). Kayaknya sih, mereka ini difokuskan di lingkup internasional, karena showcase debut mereka di Amerika.

Ngomongin soal debut, lagu Jopping inilah lagu debut mereka. MV-nya ini dirilis pada tanggal 4 Oktober 2019 lalu. Masih baru semingguan. Genre yang mereka usung adalah genre dance. Dan konsepnya kira-kira seperti ini nih.

Aku paling suka konsep yang model begini, entah istilahnya apa. Urut dari kiri : Taeyeong, Mark, Baekhyun, Taemin, Kai, Ten, Lucas (credit : superm.smtown.com)

Oh iya, untuk MV kali ini, aku bakalan lebih bahas ke konsep dari setiap scene yang ada, jadi bukan semacam alur cerita gitu ya, hehe. Karena gimana ya, konsep kali ini beneran wah banget, beda banget sama boygroup SM yang lain. Selain itu, menurut aku juga nih, MV ini juga cenderung fokus ke bagian dance mereka. Dance mereka juga bener-bener keren, sekeren konsepnya. Kalo mau liat dance sama konsep mereka, sok diliat beberapa cuplikannya di MV-nya, ya!

Sebagai tambahan, sebenernya untuk SuperM ini mereka juga ngeluarin trailer per member, silahkan cek di YouTube resmi mereka! Aku cuman ngasih teaser ama full MV-nya, ehe.



Secara keseluruhan, lagu Jopping ini bener-bener ngasih nuansa baru di dunia per-KPOP-an. Di lagu ini, warna suara tiap membernya bener-bener ngasih kesan beda. Selain itu, rap-nya juga cukup banyak di sini. Tau kan, rappernya SuperM ada berapa? wkwkkw

Kalo konsepnya, aku paling tertarik ke tiga hal : Latar tempat yang dipake, properti MV, sama visual effect-nya.

Pertama, latar tempat yang dipake.
Latar pertama yang ditunjukin ama ini MV pas kita muter adalah gurun pasir, dan ada bangunan di sana. Semacam Colosseum di Roma, Italia. Nggak cuman itu, latar tempatnya ada yang di jalanan juga, dan semacam panggung yang dijadiin tempat dance mereka.

Latar gurun pas di awal MV

Mereka juga pake gurun buat setting dance mereka

Bagian yang paling aku suka adalah latar belakang yang indoor atau di dalem ruangan. Kenapa? Karena di indoor ini, lightingnya bener-bener dimainkan. Nggak heran, sih, memang anggarannya gede buat bikin ini. Ini ada beberapa lighting yang aku sempet screenshot dan aku suka.

Lighting serba biru, memang nggak main-main gaes. SM gitu loh 


Kalo yang ini, latarnya pake latar panggung. Jadi seolah-olah mereka kayak tampil di panggung


Ini juga, nih. Keren parah

Ini juga latar panggung, tapi lightingnya beda lagi. Ini yang menurut aku paling keren

Kedua, visual effectnya.
Tentunya, pembuatan model lighting seperti ini nggak terlepas dari yang namanya editing berupa visual effect. Di MV ini, aku banyak banget nemuin visual effect yang bener-bener keren, nggak main-main. Visual effect-nya seolah-olah nyata. Selain itu, cara mereka dalam editing MV ini juga patut diacungi jempol.

Visual effect yang pertama ada pas scene per member. Visual effect yang dikasih bukan ke listrik-listrik gitu, tapi lebih ke cahaya-cahaya yang bernuansa digital gitu. Yang sejauh ini aku temuin adalah pas di bagian kepala sama lengan Taemin, sama bajunya Ten. Kalo si Taeyeong, itu visual effectnya berupa kilatan-kilatan cahaya yang melesat di sekitar dia.

Visual effect di bagian lengan Taemin 

Ini nantinya baju si Ten bakalan dikasih visual effect gitu sama si editor, tapi saking pas mau di ss wajah Ten gak keliatan :( 

Kalo yang ini, Taeyeong melompat di antara kilatan cahaya, seolah-olah mengarahkan kilatan-kilatan cahaya ini ke suatu titik

Visual effect yang kedua lebih ke editing latar tempatnya. Ada yang diedit dengan ngasih terowongan otomatis, diedit seolah-olah Kai abis lompat dari pesawat, dan tentunya... lighting dong!

Otw bikin terowongan, nih. Masih setengah jadi

Ini nih yang editan Kai seolah-olah lompat dari pesawat. Keliatan beneran kan? 

Barang yang wajib ada : Lighting! Kali ini ada di sekitar motor yang dinaikin Taemin. 

Kalo yang ini, editan lighting pas tank-nya jalan di antara gurun

 Ini juga, latar gurun juga, tapi sekarang lightingnya ada di belakang dua mobil sama motor Taemin tadi.

Masih inget gedung yang tadi? Gedung ini juga nggak ketinggalan dikasih visual effect, loh 

Visual effect terakhir : pas membernya lagi pada dance. Selain yang di atas tadi, aku kasih tambahan foto visual effect yang bikin kalian tambah takjub sama effort dari SM.

Seolah-olah ada kembang api di sekitar panggung, ya kan? 

 Scene paling akhir dari MV Jopping juga dikasih editing berupa lighting, yang sumbernya dari lampu-lampu yang bergerak di atas mereka

Yang paling terakhir dan yang nggak kalah penting, properti yang mereka pake. Semua member menggunakan kendaraan untuk properti mereka. Kendarannya juga nggak sembarangan, tentunya yang modis dong, ehe. Baekhyun sama Kai dapat helikopter, Lucas sama Ten dapat tank, Mark dan Taeyeong dapat mobil, dan Taemin dapat motor gede. Ini ceritanya tentang geng balapan atau gimana, ya? Heran saya.

Baekhyun, sang leader, dan helikopter di belakangnya. Warnanya sama-sama putih lagi 

Kai udah siap buat naik helikopter, kamu ikut nggak? 

Lucas sama Ten dapat tank, mau dibuat apa ya kira-kira? 

Sempet kukira ini Taemin, tapi ini Taeyeong. Sultan mah bebas, mobil mahal didudukin gitu aja 

Selain Kai, Mark juga udah otw masuk mobil tuh. Siap untuk ikut? 

Terakhir, Taemin (si center) yang berpose keren dengan motor gedenya. Hayo, siapa yang mau dibonceng sama dia?

Secara keseluruhan, aku berani kasih 10 buat konsepnya! Bener-bener menunjukkan sisi SM yang berbeda!

Nah, selain konsep-konsep yang aku sebutin di sini, kira-kira menurut temen-temen apa lagi sisi keren dari MV Jopping ini? Silahkan tulis di kolom komentar kalian!

Satu lagi, jangan lupa untuk terus ngedukung kegiatan-kegiatan SuperM ke depannya! Sekian, annyeong!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia : Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

REVIEW LAGU CHEN - SHALL WE?