REVIEW MV RED VELVET - UMPAH UMPAH

Halo gaes, annyeonghaseyo!
Kali ini, aku mau bikin review sebuah MV lagi, yaitu dari girlgroup bernama Red Velvet.
Tetapi, seperti biasa, di sini aku cuman bahas videonya saja, mulai dari konsep sampai alur ceritanya. Kalau lagu, mungkin aku kasih review, tapi nggak sampe bedah lirik, ya.

Disimak, yuks!

Sebelum mulai sesi review-nya, aku bakal kasih tau secara umum tentang Red Velvet dan lagu yang kubahas kali ini.

Jadi, buat yang belum tau nih, Red Velvet adalah salah satu girlgroup di bawah naungan agensi bernama SM Entertainment. Grup ini didebutkan pada tanggal 4 Agustus 2014 dengan singel mereka yang berjudul 'Happiness'. Awalnya, Red Velvet hanya beranggotakan empat orang : Irene, Seulgi, Wendy, dan Joy. Tapi, pada bulan Maret 2015, Red Velvet ketambahan satu member bernama Yeri, lebih tepatnya saat era 'Ice Cream Cake', gaes.

Nah, lagu yang bakalan kubahas di sini adalah lagu yang berjudul 'Umpah Umpah'. Eh, sebenernya udah keliatan dari judul, ya?

Lagu 'Umpah Umpah' ini adalah sebuah title song dari mini-album yang bernama 'The ReVe Festival' Day 2. Lagu ini dirilis pada tanggal 20 Agustus 2019, tepat dua hari setelah blog ini ditulis, ehe.
Sebelumnya, mereka sudah pernah merilis mini-album yang bernama  'The ReVe Festival' Day 1, dengan song title 'Zimzalabim' yang dirilis pada 19 Juni 2019 lalu.

Perbedaan kedua lagu tersebut terletak pada konsepnya, gaes. Jika 'Zimzalabim' mengusung konsep taman hiburan, sirkus, sulap dan sebagainya (hampir mirip Rookie tapi lebih baddass, menurutku), kali ini 'Umpah Umpah' mengusung konsep summer atau musim panas (yah, kayak konsep summer seperti Red Flavour atau Power Up gitu).


Ini nih salah satu foto teaser pada comeback kali ini (credit : redvelvet.smtown.com)

Nah, dari foto ini dapat kita lihat bahwa warna official mereka kembali dimunculkan dengan outfit mereka. Irene dengan merah muda, Seulgi orange-kuning, Wendy biru, Joy hijau, dan Yeri..... kenapa biru tua, ya? Kok gak ungu? Masih misteri. Desain yang dipake juga kotak-kotak seperti comeback 'Power Up' setahun yang lalu, tetapi pada era itu warnanya biru-kuning aja.

Gak cuman itu, warna dan model rambut dari beberapa member ada yang ganti juga. Fyi, kalo ada member ganti warna / model rambut, biasanya itu tanda-tanda mau comeback, gaes. Biasanya, ya, gak selalu. Di comeback ini, Yeri ganti warna rambut lagi jadi blonde, Wendy masih tetap dengan rambut pendeknya--dan ada sedikit pirang di bagian bawah, dan Irene dengan model poni ala Cleopatra-nya.

Sekarang, kita bahas MV-nya, cus!

Tapi, sebelum itu, seperti biasanya, aku bakal kasih video teaser plus MV-nya. Tonton dulu, baru baca reviewnya.



Oke, sekarang masuk ke review, ya. Beneran masuk, kok.

MV kali ini dibuka dengan adegan ketika semua member Red Velvet pulang ke rumah dengan mobil--dan disetiri oleh Irene. Mereka juga bawa banyak barang yang ditaroh di atas mobilnya, termasuk kit musim panas kayak ban dan selancar. Tapi, mereka kehadang sama kura-kura yang lagi nyebrang, wkwk kasian :( Tapi tetep nyampe rumah kok.

Naik mobil berlima, dengan outfit serba pink (credit : SMTOWN Official YouTube)

Abis nyampe rumah, mereka langsung bawa barang-barang mereka ke rumah, ganti baju, dan langsung keluar rumah buat nikmatin musim panas. Tetapi, cuacanya gak mendukung. Begitu mereka keluar, hujannya turun. Alhasil mereka yang awalnya happy berubah jadi murung.

Kecewa, buka pintu eh ternyata hujan (credit : SMTOWN Official YouTube)

Gak cuman itu, hujannya juga bikin atap rumah bocor. Jadi, mereka pun nunggu hujan sambil maen semacam mainan monopoli gitu, di bawah meja. Kecuali Yeri, yang pas itu lagi duduk, lagi minum di meja kursi (yang di bawah mejanya ada mereka lagi main). Pas enak-enak main, eh Wendy keganggu sama kakinya Yeri wkwkwk ngakak woi :")

Wendy ngusir kaki Yeri karena kaki Yeri ngganggu dia main (credit : SMTOWN Official YouTube)

Udah bosen main--tapi hujannya gak reda-reda, akhirnya mereka pun mutusin buat nonton ramalan cuaca di TV. Joy jadi presenter cuaca di TV itu. Ternyata, ramalan itu bilang kalo bakalan hujan seharian. Ditambah lagi, hujan itu juga bikin rumah mereka makin tambah bocor sampe kena semua barang di sana--termasuk TV. Yang bikin ngakaknya lagi, bocornya rumah itu juga bikin tempat shooting ramalan cuacanya ikutan rusak gara-gara TV-nya ketetesan air :")

Joy si presenter cuaca ikutan panik gaes (credit : SMTOWN Official YouTube)

Karena hujannya makin lama makin deras sampe kena TV, Wendy pun nyoba benerin TV dengan cara ketok-ketok TV-nya. Sama kayak yang kita biasa lakuin kalo TV rusak, ketokin dulu TV-nya :) Tapi di MV ini cara Wendy gagal gaes, jadi antenanya yang kudu dibenerin. Mereka adu suit, dan Seulgi-lah yang disuruh naik genteng benerin antena :)

Seulgi berjuang naik genteng hujan-hujanan demi benerin antena (credit : SMTOWN Official YouTube)

Seulgi naik genteng gak sendirian, kok, tenang aja. Irene juga bantuin Seulgi, bantu teriak-teriak doang tapi. Buat ngasih tau apakah TV nya udah normal atau belum. Tapi, aku nggak tau pasti gimana akhirnya, apakah TV-nya bisa dibenerin atau enggak. Tapi yang jelas, di akhir video wajah Red Velvet kembali bahagia~ 

Endingnya, mereka tetap bahagia meski hujan masih turun (credit : SMTOWN Official YouTube)

Mungkin itu cuman ceritanya, tapi apa hubungannya sama lagunya?

Menurutku sih ya, cerita ini ada kaitannya dengan kata 'something unforgettable' di dalam lagunya. MV ini nyeritain kalo mereka pingin membuat kenangan yang 'unforgettable' di summer kali ini. Makanya di awal-awal MV diceritain kalo mereka udah nyiapin barang-barang musim panas, mulai dari pakaian sampe ban dan selancar, buat nikmatin musim panas. Tapi, karena hujan, mereka jadi sedih, karena mereka nggak bisa bikin kenangan 'unforgettable' tadi, nikmatin musim panas di luar.







Mungkin ini ekspektasi mereka ya, bisa nikmatin summer di pantai gitu, tapi realitanya mereka kejebak hujan (credit : SMTOWN Official YouTube)

Meskipun hari itu hujan, mereka gak nyerah gaes buat bikin kenangan itu. Mereka main di dalem ruangan, ngecek ramalan cuaca, benerin genteng, kemudian entah apa lagi yang mereka lakukan setelah itu--demi bisa nikmatin summer. Aku berasumsi bahwa mereka sudah menemukan jalan alternatif untuk menikmati summer di rumah (selain main monopoli), ketika hujan turun sepanjang hari itu.

Review secara keseluruhan :
1. Konsep MV-nya bagus, meskipun temanya tetap summer tapi konsep secara detail sangat beda dari comeback summer sebelumnya. Nggak cuman itu, karena album kali ini tertulis 'ReVe', maka aku berasumsi kalo konsepnya adalah gabungan antara konsep 'Red'--yang ceria, dan 'Velvet'--yang agak baddass gitu, tetapi kalo yang comeback ini menurutku lebih ke 'Red', sih.
2. Lagunya cukup catching, dan di sini note tertinggi dipegang oleh Joy (kalo gak salah, ya). Untuk rap-nya gak sebanyak yang 'Zimzalabim' kemarin, dan rapnya lebih mudah diikuti daripada 'Zimzalabim', ehe.
3. Liriknya, hmmm.... Selain nekanin ke'something unforgettable' tadi, aku juga suka bagian 'umpah umpah'-nya. Keinget gerakan 'kiss' yang pake tangan (di dalem MV nya ada, kok, ya pas bagian itu juga)
nemu judul-judul lagu Red Velvet sebelumnya yang kecantum di lirik ini, yaitu di bagian rap-nya :

(Baby)
Umpah-pah 응? 좀 이상해 (Ding!)
음, 어디 갔어?
자꾸 너 박자를 놓쳐?
경고야 너 또 물먹어 (Oh yeah yeah yeah)
자꾸만 Dumb dumb 잠깐만 Huh
궁금해? 이 빠-빨간 맛 Yah
행복이란 가깝지 Like ice cream cake! (Ice cream cake)

Di bagian ini, ada tiga judul lagu Red Velvet yang sudah kutandai : 'Dumb Dumb', 'Red Flavour (빨간 맛)', dan 'Ice Cream Cake'.

UPDATE 25.8.2019

Kebetulan aku lagi iseng buka Instagram, dan aku nemuin satu fakta baru :

Sebagian koreografi dari ketiga lagu itu tadi juga dipake lagi di Umpah Umpah, terutama pas lirik rap di atas dinyanyiin. Sebagian fans juga bilang kalo lagu ini adalah rangkuman dari lagu-lagu Red Velvet yang sebelumnya.

Hubungan secara teoritisnya (?)
Masih belum tahu. Mungkin hanya SM dan Red Velvet yang tau.

Review-nya aku cukupkan di sini ya gaes, kalo misal ada komentar silahkan tulis aja di kolom yang tersedia, oke.
Gamsahamnida, annyeong~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia : Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

REVIEW LAGU CHEN - SHALL WE?