REVIEW MV NU'EST - BET BET

Annyeonghaseyo, I'm back~
Kali ini, aku dapat satu request MV dari salah satu kakak tingkatku di kuliahan. MV yang dia request adalah MV dari salah satu boygroup Korea Selatan, yaitu NU'EST. Ini juga kali pertama aku bikin review MV dari boygroup dan dari agensi yang berbeda dari review-review sebelumnya, yakni MV dari girlgroup dan solois cewek serta dari agensi SM Entertainment.



ALERT :
Sebelumnya, aku mau kasih tau dulu kalo aku hanya tau nama, beberapa lagu mereka (termasuk yang ini), serta agensinya. Untuk member, aku tau namanya siapa aja, tetapi aku masih cukup kesulitan buat bedain membernya. Jadi, jika nanti di foto-foto yang aku taruh di blog ini ada yang salah sebut membernya, mohon kasih tau ya gengs.
Tetapi, aku akan berusaha sebaik mungkin untuk melakukan review MV kali ini dengan baik dan sebisa mungkin tidak ada kesalahan. Hehe.


Seperti biasa, sebelumnya aku bakal jelasin sekilas tentang NU'EST berdasarkan apa yang aku tau, dan apa yang aku temukan di internet.

NU'EST (뉴이스트, baca : nyu-i-seu-teu), atau jika dipanjangkan menjadi New Established Style and Tempo, merupakan salah satu boygroup dari agensi bernama Pledis Entertainment. Dan ternyata, boygroup ini sudah didebutin sejak 2012 lalu (aku baru tahu, hehe) dengan lagu yang berjudul Face. Membernya ada lima : JR, Aron, Minhyun, Baekho, dan Ren. Salah satu membernya, Minhyun, berhasil masuk line-up debut di acara Produce 101 Season 2, dengan nama boygroup Wanna One. Minhyun pun hiatus dari NU'EST dan menjalani kontrak dengan Wanna One pada tahun 2017-2019 atau selama dua tahun. Selama Minhyun hiatus, keempat member yang lain membentuk sub-unit group bernama NU'EST W.

Lagu yang aku bahas kali ini adalah lagu yang berjudul 'Bet Bet' pada tanggal 29 April 2019. Cukup lama juga, ya, kisaran empat bulan yang lalu. Oiya, lagu 'Bet Bet' menduduki posisi title song di mini-album bernama 'Happily Ever After'.

NU'EST Image
salah satu foto NU'EST di mini album 'Happily Ever After', dari kiri ke kanan : JR, Minhyun, Baekho, Aron, Ren (credit : pledis.co.kr)

Sampai foto ini aku taruh di sini, aku masih belom bisa bedain mereka, aku hanya mengandalkan foto individual--dengan model rambut dan outfit yang sama--yang untung dicantumin namanya. Btw, ini model outfitnya kayak setengah jas, setengah baju tidur ya :") Untuk konsep keseluruhan dari foto ini, keknya lebih ke arah soft tapi tetep elegan gitu deh.

Seperti biasanya (lagi), aku bakalan kasih video teaser dan MV-nya di sini.




Pas aku kali pertama nonton ini MV, aku cuman nangkep konsepnya. Konsep yang diusung sama MV ini lebih ke kerajaan, gitu. Keliatan dari latar tempat dan outfit yang mereka pakai. Yang lainnya, aku bingung. Maklum, ini MV pertama NU'EST yang kutonton. Selain bingung bedain wajah-wajah membernya, ditambah lagi aku juga sempet kebingungan tentang plot ceritanya, karena nggak dijelasin segamblang-gamblangnya. Kayaknya MV ini mengandung teori yang terselubung nih. Karena gak paham, aku cari tuh lirik plus terjemahannya. Dari sini ku mulai (sedikit) paham tentang konsep MV ini. Menurut aku, MV yang ini cukup menjelaskan liriknya.

Berdasarkan dari apa yang aku baca di lirik (walaupun dari judul juga bisa sih), ada satu kata kunci penting di sini : kata BET yang artinya TARUHAN. Patut dicamkan ini, ehe.
Dan, secara keseluruhan lagu ini menceritakan tentang rasa cintanya kepada seorang wanita yang (katanya) 'dangerous'. Mungkin maksudnya misterius kali, ya. Terus nih, ada salah satu bagian lirik yang membuat aku cukup tertarik. Dari lirik ini juga dapat disimpulkan kalo dia ini ngungkapin perasaannya dengan setengah bertaruh, gitu.

You got my bet 나를 걸어볼래 
넌 날 사랑하지 않아도 돼
이 기회는 나에게 한번일지 몰라
넌 날 놓치고 나면 후회할지 몰라

Artinya kurang lebih begini :

Kamu mendapatkan taruhanku, aku ingin bertaruh untuk diriku sendiri
Kamu tidak perlu mencintaiku
Ini mungkin menjadi kesempatanku satu-satunya
Kamu mungkin menyesalinya jika kamu kehilanganku

Terkesan maksa sih ini. Kamu gak perlu cinta sama aku tapi kamu mungkin menyesal kalo kehilangan aku, wkwkwkw kocak sih

Oke, lanjut ke MV nya, ya. Kita ulas di mana letak hubungannya (ini versiku sendiri ya tapi)

Jadi, cerita diawali dengan adegan seorang cewek ngambil buku berwarna ungu dengan logo "Q" di tengahnya. Kemudian, dia baca tuh buku.

Ini tampilan buku yang diambil si cewek (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Kurang lebih, ini isi bukunya, sayangnya hanya ditunjukkan sebagian awalnya saja (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Ternyata, buku yang diambil oleh cewek tadi adalah buku cerita. Aku pun mulai berpendapat bahwa MV ini menceritakan isi buku itu tadi. Jika diterjemahkan, kurang lebih begini :

Pada zaman dahulu, pada sebuah kerajaan, ... dan lima ksatria. Kelima ksatria tersebut....

Berarti, MV ini memang ngusung konsep kerajaan, kayak yang aku sebut di awal. Dan lima kstaria yang tertulis di situ melambangkan kelima member NU'EST. Selain itu, di kerajaan ini juga ada seorang cewek, entah ratu atau permaisuri atau apalah itu--yang duduk di singgasana kerajaan.

Lima member NU'EST dan seorang ratu (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Di MV ini juga, kelima member juga dapat latar tempat terpisah. Minhyun di ruangan dengan kain serba putih; Ren di ruangan dengan pajangan warna emas di kiri kanan, patung kuda besar di tengah, serta lantai hitam-putih bak papan catur; JR di ruangan luas, gelap, dan banyak air di lantai; Baekho dengan papan catur dan segelas minuman berwarna biru; dan Aron dengan tumpukan koin dan .... Aku gak tau apa namanya, tapi yang jelas itu adalah salah satu alat yang dipake buat taruhan.

Ren (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Minhyun (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

JR, btw ini latarnya juga ganti-ganti gitu (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Aron dengan segala perlengkapan taruhannya (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Terakhir, Baekho dengan bidak caturnya (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Dari kelima member ini, menurutku Aron sama Baekho yang paling keliatan menjelaskan lagu ini. Alat-alat di samping Aron itu kan alat buat taruhan, dan sesuai dengan kata kunci 'BET' yang aku sebut tadi. Oiya, gak cuman itu, di MV ini juga ditampilkan semacam dadu dengan angka-angka gitu (tapi bukan 1-6) dan kartu--yang juga termasuk alat untuk taruhan.

Kalo Baekho? Mungkin aku bakal nyeritain lebih tentang Baekho karena selain dia dapat shoot yang lebih banyak, dia juga terhubung sama cewek tadi.

Cewek yang duduk di singgasana dengan bidak catur di sampingnya (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Jika membandingkan gambar ini dengan Baekho yang tadi, terlihat satu persamaan, yaitu bidak catur. Sebenarnya, cewek ini juga sebelumnya minum sesuatu berwarna ungu, dengan gelas yang bentuknya sama kek Baekho.

Ada apa dengan bidak catur ini?
Jadi, ceritanya tuh Baekho main catur sama nih cewek, tapi gak main secara face-to-face gitu. Dan di permainan ini, si cewek cuman punya satu bidak, rajanya aja, sedangkan bidak Baekho masih lengkap. Berarti dia pemimpin kerajaan ini, dong? 
Di permainan catur ini juga, Baekho jalan lebih dulu. Kalo bidaknya Baekho udah dijalanin, otomatis bidak yang ada di papannya si cewek juga ikutan jalan. Unik ya mainnya.

Baekho jalanin bidaknya, btw punya yang cewek yang item itu ya (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Kalo yang ini, bidak ceweknya yang dia pegang itu (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Permainan catur ini, apa hubungannya sama lagu ini?
Begini, kan lagu ini ceritain gimana si cowok ini bertaruh ke seorang cewek buat menangin hatinya, nah di MV ini dilambangkan dengan main catur. Baekho main catur sama cewek ini dengan harapan dia bisa menang dari cewek itu.

Begitu Baekho sama cewek ini main, Aron pun juga ikutan main. Dia ngelempar bola ke alat yang bentuknya lingkaran coklat gede tadi (plis apa namanya kasih tau ya), dan bolanya jatuh di angka 14. Selain itu, latar di belakang JR juga tadi mendadak berubah, yang tadinya merah-merah api menjadi petir. Nggak cuman itu, si cewek juga sempet megang sebuah cermin dan di cermin itu juga muncul petir. Seakan permainan catur itu tadi merubah semuanya.

Ada yang tahu maksud dari angka 14? (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Adanya petir di cermin ini menunjukkan bahwa telah terjadi sesuatu (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Selain adegan ini, di MV ini Baekho juga terlihat lagi baca buku yang tadi dibaca si cewek (wait... kenapa bukunya bisa ada di dia?), Minhyun yang berjalan mendekati si cewek, dan Ren yang sepertinya menemukan sebuah jalan ke suatu tempat gitu.

Ren menemukan sebuah jalan (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Baekho membaca buku yang sama dengan si cewek tadi (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Minhyun, kamu ngapain? (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Hingga akhirnya, Baekho berhasil memenangkan permainan catur itu. Seketika, keadaan di sekitar JR mulai tenang dan kompas yang berputar terus-menerus akhirnya berhenti. Ren si pemegang kompas pun melihat kompas itu, dan mengikuti arah yang ditunjukkan oleh kompas. Dia mengambil pintu berwarna biru.

Skakmat! (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Dengan berakhirnya permainan catur, langit menjadi cerah (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Ren memilih pintu biru menurut kompas yang dipegangnya (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Setelah melewati pintu itu, dia menjumpai sebuah tempat dengan tanaman-tanaman yang indah, kuda putih, dan ada pula empat member lain di sana. Jika diamati, di tempat itu juga ada buku 'Q' tadi, papan catur, dan segelas minuman berwarna biru--yang kesemuanya muncul di kerajaan tadi.

Ren melihat sebuah pemandangan serba hijau dan ada empat member lain di sana (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Jadi, tempat itu tadi semacam utopia gaes (credit : PLEDIS Official YouTube Channel)

Oke, ceritanya selesai!

Masih bingung, ya? Sama, saya juga.
Biar nggak bingung, aku coba jelasin lagi. Sekali lagi, ini versiku ya.

Jadi begini, MV ini berlatar belakang kerajaan. Dipimpin oleh seorang ratu dan semua member NU'EST adalah ksatrianya. Di sini, mereka seakan mencari sesuatu, gitu. Untuk mendapatkannya, mereka harus bisa menang dari si cewek itu. Itulah kenapa Baekho harus melawan sang ratu dengan permainan catur. Bahkan, dia sampe baca buku 'Q' itu, berharap dia dapat petunjuk dari situ. Di sini bukan bertaruh menangin hati, ya, tapi bertaruh untuk mengalahkan sang ratu. Meskipun lagunya nyeritain tentang taruhan hati, sih.
Member lainnya ngapain? Aku sendiri juga belum paham. Mungkin, Aron juga berbuat sesuatu dengan alat-alat taruhan atau undian itu agar mereka bisa menang. Minhyun juga harus repot-repot nyamperin sang ratu (entah ngapain). JR ngapain? Entahlah, dia terima nari doang di situ.
Dan akhirnya, Baekho berhasil menang dari sang ratu, dan itu membuat kompas yang ada di tangan Ren berhenti, setelah sebelumnya muter terus-terusan. dari kompas itulah Ren dapat menemukan jalan menuju utopia. Akhirnya Ren pun bertemu member lain di utopia dan hidup bahagia selamanya.

Bagaimana menurut kalian? Jika ada yang masih ngeganjel, coba tulis di kolom komen, ya!

Terakhir, aku mau kasih penilaian secara keseluruhan, baik dari MV maupun lagunya.

Kalo dari segi MV, aku apresiasi banget. Teorinya bikin muter otak banget, sampek aku sendiri juga kebingungan :") Benar tidaknya ulasan ini saya juga belum jamin, tapi yang jelas hanya PLEDIS dan NU'EST yang tahu.
Dari segi lagu, lagunya nggak terlalu nge-beat meskipun ada rapnya, dan liriknya juga gampang dipahamin. Kayaknya di mana-mana begini deh, kalo lagunya gampang, MV nya sulit. Kalo lagunya sulit, MV nya malah gampang. Meskipun mungkin ada yang kedua-duanya bingungin sih, ehe.

Sekian dari aku, maaf kalo ada kesalahan, annyeong!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia : Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

REVIEW LAGU CHEN - SHALL WE?