"Welcome Party" Story

                Hai semua J mimin udah lama nggak post ya? Hehe :D iyalah orang mimin udah jadi mahasiswa (cieee...), jadinya lagi banyak tugas nih... tapi masih mimin sempetin buat nulis di sini... Karena mimin lagi nggak ada materi di post, jadinya mimin mau cerita aja pengalaman mimin waktu ospek. Biasanya nih ya, ospek itu dianggap menakutkan bagi hampir semua orang, khususnya maba... tapi kalian SALAH BESAR!!! Ospek ini seru buaanget, materinya bermanfaat pula J dan yang penting, inilah pengalaman yang paling memorable J
                Cerita mimin kali ini yaitu tentang ospek tingkat jurusan yang pertama J (sebenarnya cerita ini sebenarnya juga merupakan salah satu tugas ospek mimin, tapi sudah mimin ubah sedikit dengan tidak menghilangkan komentar dari kakak-kakak pendamping mimin J ) langsung mulai aja yaaa J


Pada tanggal 6 September 2015 kemarin, sehari sebelum melaksanakan kuliah perdana, kami para mahasiswa baru Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya atau lebih dikenal sebagai “Warga Masta” angkatan 2015 melaksanakan sebuah rangkaian acara yang dinamakan sebagai “Welcome Party”. Acara “Welcome Party” ini merupakan rangkaian acara yang pertama dari serangkaian acara yang ada dalam Master Generation 2015.

                Namanya saja “Welcome Party”, P-A-R-T-Y~ P-A-R-T-Y~ (Pesta) remon soju nan tekilla neon mohito~ (eh malah nyanyi lagunya SNSD – Party :v ). Karena namanya udah PARTY, maka pastilah acara ini identik dengan pesta, pesta penyambutan tepatnya. Namun, acara ini tidak full hiburan, kami juga diberi materi seputar bagaimana kehidupan di lingkungan kampus UB ini (kan “Welcome” party), khususnya di lingkup Fakultas MIPA, atau kalau lebih khusus lagi, di lingkup Jurusan Matematika. Materi ini tentunya sangat berguna bagi kami, apalagi status kami masih maba alias mahasiswa baru. Mahasiswa baru perlu mengenal lebih dekat bagaimanakah kehidupan di kampus yang saat ini mereka tuju.

                “Welcome Party” ini merupakan suatu acara, jadi pasti ada ketentuannya, mulai dari tata tertib, dresscode yang dipakai, sampai tugas-tugasnya.

Nah, pada acara ini, kami diharuskan memakai pakaian serba hitam (atasan hitam, bawahan hitam, hingga kerudung hitam bagi yang berkerudung). Mungkin orang-orang akan berpikir bahwa kita akan pergi ke makam, karena melihat pakaian kita yang serba hitam. Namun, bila telah ditambahi atribut seperti pita selebar 2,5 cm dengan bentuk lambang “∞” (infinite/tak hingga), nametag berukuran 15 cm x 10 cm, serta gantungan kunci segi enam warna kuning-merah bertuliskan identitas masing-masing yang digantung di tas, kesannya bukan lagi seperti orang pergi ke makam, namun sudah terlihat seperti orang akan melaksanakan ospek (pengenalan kehidupan kampus ya J ).

Dalam acara ini pun juga ada pembagian kelompok. Kami dibagi menjadi 12 kelompok yang beranggotakan 16 hingga 17 orang. Anggotanya terdiri atas mahasiswa baru Program Studi Matematika serta Statistika tentunya (ya iyalah, orang prodi di Jurusan Matematika memang hanya ada 2 kok, cuman Matematika sama Statistika -_- ). Adapun nama-nama kelompoknya juga berdasarkan istilah-istilah yang akan sering didengar dalam pelajaran Matematika dan Statistika. Di antara sekian banyak istilah yang ada, hanya 12 yang dipakai, karena hanya ada 12 kelompok. Keduabelas istilah tersebut antara lain alpha (α), sigma (Σ), beta (β), quartil (Q), gamma (γ), delta (Δ), lambda( λ), chi-square (χ2), negasi (~), subset (⊂), equivalen (≡), dan eksponen (xn).Saya sendiri masuk dalam kelompok Lambda~ (yeeeee....), bersama keenambelas maba lainnya, yaitu Afif, Adit, Ziko, Intan Pradinasari, Dinda Ayu, Azqi, Asri, Briga, Ika, Roma, Shinta, Hanny, Hesti, Devy Intan, Dini, dan Lintang. Nah, setiap kelompok pun diharuskan membuat jargon yang unik dan cetaar membahana :D Ini nih jargon kami :

LAMSTA...!! GO LAMBDA GO LAMBDA GO!! LAMBDA HIMAMASTA GO!!!

Dalam setiap kelompok juga terdapat kakak-kakak pendamping yang akan membantu kelompok yang didampinginya ketika anggotanya memiliki hambatan atau masalah tertentu. Adapun pendamping dari kelompok kami adalah Kak Nia dan Kak Fitri.....yan :v (Kak Fitriyan ini dipanggil dengan nama Kak Riyan, soalnya kakak yang satu ini kan cowok :v )

Tugas-tugas pun juga turut melengkapi acara ini (karena mustahil ada ospek tanpa tugas). Tugas-tugas tersebut antara lain membawa makanan dan minuman berupa pasir penyihir SR berbentuk bantal rasa coklat (Sandwich Sari Roti rasa coklat), biskuit 3 rahasia emas (Golden Oreo isi 3), chiky bohong (Lays), permen jelmaan Naruto sebanyak jumlah divisi di HIMAMASTA (Himpunan Mahasiswa Matematika dan Statistika (permen Foxs 5 buah, karena divisi HIMAMASTA ada 5, yaitu PA, DaFas, MeKra, MnB, dan LitBang), air putih 200 mL (susu putih 200 mL), dan air kelompok mineral 600 mL (air mineral Club 600 mL); menulis biodata anggota kelompok di dalam buku Sinar Dunia isi 58, disampul oranye, serta ditulis dengan tinta oranye dengan format yang sudah ditentukan; serta membawa buku tugas Sinar Dunia isi 38 yang disampul sekreatif mungkin dengan mencantumkan logo kelompok dan HIMAMASTA, buku tugas ini diisi dengan 2 esai, yaitu esai tentang HIMAMASTA sebanyak minimal 3 halaman serta LSO di HIMAMASTA sebanyak minimal 4 halaman, dengan tinta oranye, serta dengan format yang juga sudah ditentukan.

Ini lho buku tugas kelompok kami J Lucu kan? wkwk
Belakang                                    Depan

Oh iya, kami juga ditugasi membuat nametag yang terdiri dari 2 macam, yaitu nametag untuk acara Master Generation 2015, serta untuk kuliah. Adapun nametag untuk acara dikreasikan sendiri sesuai kelompok masing-masing dengan bentuk persegi panjang, sedangkan nametag untuk kuliah berwarna kuning-merah berbentuk segienam yang bertuliskan nama, NIM, serta prodi. Adapun ukuran dari kedua nametag tersebut sudah ditentukan melalui soal-soal yang terdapat dalam tugas tersebut. Kedua nametag ini dibawa pada tanggal 4 September 2015, H-2 Welcome Party untuk mendapatkan validasi.

Dan inilah nametag-nametag dan atribut-atribut yang saya maksudkan dari tadi....

Menurut saya, acara “Welcome Party” kali ini sangat seru dan menarik, serta bermanfaat. Saya berharap agar acara-acara Master Generation selanjutnya dapat lebih baik, lebih menarik, serta lebih bermanfaat. (Aamiin)

NB : Tulisan yang diberi warna hijau itu merupakan komentar dari kakak-kakak pendamping

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia : Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

REVIEW LAGU CHEN - SHALL WE?